Masa Adven menandai masa persiapan menjelang Natal. Secara harfiah, kata adven berasal dari bahasa Latin yakni adventus yakni ‘datang’ atau yang berarti kedatangan Kristus.

Merujuk laman Christianity, masa Adven berlangsung selama empat pekan berturut-turut menjelang Natal.

Adven dimulai pada hari Minggu yang jatuh antara 27 November dan 3 Desember setiap tahunnya dan berakhir jelang masa perayaan Natal.

Pada tahun ini, masa Adven jatuh pada Minggu 28 November 2021 dan berakhir pada Jumat, 24 Desember 2021.

Sejarah Singkat Adven

ilustrasi doa katolikSejarah masa Adven menjadi periode persiapan Natal (Ilustrasi Foto: iStockphoto/artisteer)

Dihimpun dari berbagai sumber, tidak ada yang tahu pasti sejak kapan masa Adven menjadi periode persiapan Natal ini dimulai.

Namun beberapa catatan disebutkan bahwa sejak masa Gereja awal, umat beriman telah menantikan kedatangan Kristus kembali, hingga akhirnya peringatan masa Adven terlihat pada abad ke-6.

Pada abad ke-6 ini, orang Kristen Roma telah menganggap Adven sebagai masa kedatangan Kristus sebagai hakim dunia. Barulah pada Abad Pertengahan, masa Adven dikaitkan dengan kedatangan Kristus yang pertama di hari Natal.

Adapun tradisi perayaan Adven pun berbeda-beda di setiap negara, namun tetap berasal dari akar makna Adven yang sama, yakni ditujukan untuk memperingati kedatangan Mesias di dalam Yesus Kristus.

Sebagai umat-Nya, masa Adven dimanfaatkan untuk mempersiapkan jiwa dan merefleksi diri untuk menyambut kelahiran Sang Juru Selamat.

Lantaran masa Adven bertujuan untuk memperingati kedatangan Tuhan Yesus, maka bacaan-bacaan Alkitab pada masa Adven pun memuat kitab-kitab Perjanjian Lama yang menggambarkan kedatangan Mesias dan pada Perjanjian Baru dan pembacaan tentang kisah Yohanes Pembaptis yang mempersiapkan jalan bagi kedatangan Yesus, mengutip Katolisitas.

Lingkaran Adven

Rustic Christmas wreath flat lay. Hands holding fir branches, red berries and pine cones,thread, scissors, cinnamon, cotton on rustic wooden background. Making  wreath at workshopTradisi memasuki masa persiapan Adven dengan memasang lingkaran Adven atau Advent wreath (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Bogdan Kurylo)

Salah satu cara untuk menandai masa persiapan Adven adalah dengan memasang lingkaran Adven (Advent Wreath) berupa karangan bunga.

Lingkaran Adven ini menjadi simbol kehidupan yang berkelanjutan, tanpa awal dan akhir.

Simbol ini juga merujuk pada aspek spiritual mengenai kebaruan dan janji kehidupan kekal dan keselamatan yang ditawarkan melalui pengorbanan Yesus Kristus (Yohanes 3:16).

Selain itu, lingkaran Adven dibuat dari dedaunan hijau segar berupa cemara yang melambangkan kehidupan–Kristus yang mati namun hidup kembali untuk selamanya.

Tradisi yang umum bersamaan dengan lingkaran Adven adalah dengan membacakan doa-doa dan menyalakan empat buah lilin yang mewakili empat minggu Adven.

Adapun tiga batang lilin berwarna ungu yang disematkan masing-masing melambangkan pertobatan, persiapan, dan kurban.

Sementara satu batang lilin berwarna merah muda atau pink menandai saat bersuka cita (Gaudete) karena persiapan yang sudah mendekati akhir.

Meski demikian, terlepas dari tradisi perayaan Adven tidak ada aturan khusus tentang cara umat harus merayakan Adven.

Bagaimana pun masa Adven adalah untuk memperingati kedatangan Yesus dan mempersiapkan kedatangannya yang kedua, dan merayakan sukacita Natal bersama.

Arti Minggu Adven 1-4

Advent wreath with Nativity scene in the middle of 4 burning candles and holly greenery. Horizontal image would be good for Christian or religious Christmas use. I have a vertical image of this also.Arti Minggu Adven 1-4 (Foto: istockphoto/cstar55)

Masa Adven yang dirayakan selama empat minggu berturut-turut sebelum Natal ini masing-masing memiliki arti khusus yang berbeda. Berikut makna 4 Minggu Adven.

  • Minggu Adven Pertama: Merupakan masa penantian kedatangan Kristus yang kedua, yakni kedatangan Tuhan pada akhir zaman. Ditandai dengan menyalakan lilin ungu yang pertama.
  • Minggu Adven Kedua: Pada minggu ini lilin ungu kedua dinyalakan untuk mengingatkan umatnya setia mempersiapkan jalan kedatangan Tuhan.
  • Minggu Adven Ketiga: Minggu ini juga dikenal sebagai minggu Gaudete, yang menggambarkan suka cita menyambut kelahiran Yesus Kristus. Pada minggu ini lilin ketiga yang berwarna merah muda dinyalakan.
  • Minggu Adven Keempat: Mencerminkan peristiwa yang melibatkan Maria melahirkan Yesus. Pada minggu ini, lilin ungu terakhir dinyalakan bersamaan dengan 3 batang lilin sebelumnya.

Demikian penjelasan mengenai masa Adven. Masa Adven hendaknya dilaksanakan dengan penuh pengharapan dan kegembiraan menyambut penantian tersebut.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia