Suasana Kota Berlin, Jerman, saat lockdown. (AFP/STEFANIE LOOS)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat memasukkan beberapa negara Eropa sebagai negara berisiko tinggi penyebaran Covid-19. Negara berisiko tinggi ini dikategorikan masuk Level 4 versi CDC AS.

CDC sendiri mengimbau warga AS untuk menghindari kunjungan ke destinasi yang masuk dalam Level 4. Pelancong yang ingin berkunjung ke negara tadi juga harus menerima vaksin dosis lengkap.

Seperti diketahui, CDC mengklasifikasikan berbagai negara dunia dengan peringkat tertentu untuk menilai risiko penyebaran infeksi virus corona. Level ini dimulai dari 1 hingga 4.

Berikut beberapa negara Eropa yang kini masuk dalam kategori Level 4:

1. Jerman
Jerman tengah berjuang menghadapi gelombang keempat Covid-19. Beberapa pasar Natal menawan yang biasanya menarik banyak orang di Jerman sepanjang tahun ini telah dibatalkan, termasuk pasar Natal yang populer di Munich, dikutip dari CNN.

Bahkan, Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn menegaskan hanya ada tiga hal yang berlaku bagi warga negaranya saat ini, yakni divaksinasi, sembuh dari Covid-19, atau meninggal dunia karena virus serupa SARS itu.

Spahn pun memperingatkan warga Jerman yang belum divaksinasi agar segera melakukannya menyusul gelombang baru virus corona yang tengah menyerang habis-habisan negara Eropa Tersebut.

“Mungkin, sampai akhir tahun ini di musim dingin, seperti yang sering dianggap sinis, hampir semua orang di Jerman akan divaksinasi, disembuhkan, atau meninggal (karena Covid),” kata Spahn seperti dikutip CNN.

Mengutip data Worldometers, penambahan kasus harian infeksi virus corona di Jerman mencapai 40.489 pada Senin (22/11).

2. Denmark
Selain Jerman, Denmark juga menjadi salah satu negara yang masuk dalam kategori Level 4 menurut CDC.

Denmark kembali menghadapi kenaikan kasus Covid-19 setelah sempat menyudahi pembatasan Covid-19 pada September. Denmark juga disebut tengah mempertimbangkan kembali pemberlakuan pembatasan.

Per Senin (22/11), kenaikan angka kasus harian Covid-19 di Denmark mencapai 3.711, menurut data Worldometers.

3. Islandia
Beberapa waktu lalu, CDC juga memasukkan Islandia sebagai salah satu negara Eropa yang berisiko tinggi Covid-19. Islandia sendiri kaya akan keindahan alam berupa gletser dan gunung api.
Penambahan kasus harian positif Covid-19 di Islandia pada Senin (15/11) mencapai 420 kasus. Walaupun demikian, kenaikan kasus positif di Islandia pada Senin (22/11) hanya mencapai 78 kasus, dikutip dari Worldometers.

4. Hungaria
Bersama dengan Islandia, Hungaria menjadi salah satu negara Eropa yang dimasukkan oleh CDC ke dalam kategori negara berisiko tinggi. Hungaria sendiri merupakan negara yang kaya akan budaya Eropa dan seni arsitekturnya.

Mengutip Worldometers, penambahan kasus harian di Hungaria, Senin (22/11) mencapai 27.209 kasus.

5. Republik Ceko
Republik Ceko juga masuk dalam daftar negara di Level 4 atau berisiko tinggi Covid-19 menurut CDC. Bersama Hungaria, Republik Ceko dikenal akan seni arsitektur dan kekayaan budaya Eropanya.

Pada Senin (22/11), penambahan kasus harian Covid-19 di negara itu mencapai 8.244, dikutip dari Worldometers.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia