Ginkgo biloba merupakan salah satu suplemen herbal yang begitu populer. Berikut manfaat ginkgo biloba.
Ginkgo biloba dikumpulkan dari daun hijau kering dan tersedia dalam bentuk ekstrak cair, kapsul, serta tablet. Orang menggunakannya untuk berbagai alasan

Sifat terapeutik dari tanaman ginkgo dikatakan berguna sebagai pengobatan untuk gangguan darah dan masalah memori, peningkatan fungsi kardiovaskular, serta untuk meningkatkan kesehatan mata.

Ginkgo mengandung flavonoid dan terpenoid tingkat tinggi, antioksidan yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel oksidatif dari radikal bebas berbahaya. Dengan cara ini, antioksidan dipercaya dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Juga dikenal sebagai pohon maidenhair, ginkgo adalah salah satu spesies pohon tertua di dunia. Pohon-pohon dapat tumbuh lebih dari 130 kaki dan dapat hidup selama lebih dari 1.000 tahun.

Beberapa pohon di China dikatakan berusia lebih dari 2.500 tahun. Pohon itu dianggap sebagai “fosil hidup”, yang berarti bahwa ia terus bertahan bahkan setelah peristiwa kepunahan besar.

Ginkgo biloba mungkin menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi kognitif. Penggunaan tradisional cukup luas, tetapi tidak semuanya telah dikonfirmasi oleh penelitian.

Berikut lima manfaat ginkgo biloba.

1. Peningkatan daya ingat
Sebagaimana dilansir Medical News Today, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa ginkgo dapat membantu penderita demensia, tapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.

Dalam hal ini, manfaat ginkgo biloba dilaporkan membantu peningkatan daya pikir dan ingat, peningkatan perilaku sosial yang lebih baik, serta kemampuan yang lebih baik untuk melakukan tugas sehari-hari.

Satu studi menemukan bahwa ekstrak ginkgo biloba, yang dikenal sebagai EGb 761, efektif secara klinis dalam mengobati demensia Alzheimer.

Penelitian lain, yang diterbitkan di JAMA, menyimpulkan dengan cara yang sama bahwa EGb 761 aman digunakan dan mungkin efektif dalam menstabilkan dan mungkin meningkatkan fungsi kognitif dan sosial pasien dengan demensia selama antara 6 dan 12 bulan.

Para peneliti percaya bahwa ginkgo meningkatkan fungsi kognitif karena meningkatkan sirkulasi darah yang baik di otak dan melindungi otak dan bagian lain dari kerusakan saraf.

Namun, penelitian lain mengatakan bahwa ginkgo mungkin tidak meningkatkan daya ingat di antara orang-orang yang sehat.

2. Meringankan kecemasan
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Research, menemukan bahwa orang dengan gangguan kecemasan umum yang menggunakan ginkgo mengalami pengurangan kecemasan yang lebih baik daripada mereka yang menggunakan plasebo.

3. Obati sakit kepala dan migrain
Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, ginkgo adalah pengobatan yang sangat populer untuk sakit kepala dan migrain.

Hanya saja, menurut Healthline, masih sangat sedikit penelitian yang tersedia tentang kemampuan ginkgo untuk mengobati sakit kepala.

4. Bantu atasi glaukoma
Satu penelitian kecil mengamati peningkatan penglihatan orang dengan glaukoma yang mengonsumsi 120 miligram ginkgo sehari selama 8 minggu.
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat ginkgo biloba dapat membantu orang dengan degenerasi makula untuk menjaga penglihatan mereka lebih lama.

5. Bantu atasi disfungsi seksual
Beberapa sumber menunjukkan bahwa ginkgo dapat mengobati disfungsi seksual, seperti disfungsi ereksi atau libido rendah.

Ginkgo memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang meningkatkan sirkulasi melalui pelebaran pembuluh darah.

Hasilnya, ginkgo juga berguna untuk mengobati berbagai gejala disfungsi seksual dengan meningkatkan aliran darah ke area tubuh tersebut.

Efek samping ginkgo biloba
Setelah mengetahui manfaat ginkgo biloba, kenali juga efek sampingnya.

Penting untuk berbicara dengan dokter sebelum menambah ginkgo bilona ke dalam konsumsi suplemen harian Anda.

Bagi kebanyakan orang dewasa, risiko yang terkait dengan penggunaan ginkgo relatif rendah, tetapi ada beberapa kasus di mana ginkgo dapat menyebabkan kerusakan serius.

Jika Anda alergi terhadap tanaman yang mengandung alkilfenol atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya jangan mengonsumsi ginkgo.

Kemungkinan efek samping termasuk:
– Mual
– Diare
– Pusing
– Sakit kepala
– Sakit perut
– Ruam/reaksi alergi

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia