Ilustrasi. Ada beberapa makanan yang sehat untuk ginjal. (Istock/ericsphotography)

Apa yang Anda makan akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tak terkecuali, kesehatan organ ginjal Anda.
Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang penting. Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan yang sehat untuk ginjal demi menjaganya tetap prima.

Organ satu ini berfungsi menyaring darah dan membuang racun di dalam tubuh. Ginjal yang bermasalah dapat menurunkan kesehatan tubuh secara signifikan.

Daftar Makanan untuk Fungsi Ginjal yang Sehat
Untuk menjaga ginjal tetap sehat, ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, seperti berikut.

1. Putih telur
Putih telur jadi salah satu makanan yang sehat untuk ginjal. (Foodies Feed)
Pada dasarnya, putih dan kuning telur kaya akan nutrisi. Hanya saja kuning telur mengandung fosfor yang tinggi, sehingga tidak cocok bagi seseorang yang memiliki risiko penyakit ginjal.

Pasien yang sedang menjalani perawatan dialisis atau cuci darah disarankan untuk mengonsumsi putih telur. Sumber protein berkualitas tinggi terkandung dalam putih telur dan ramah bagi ginjal.

2. Kayu manis
Penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Penderita diabetes disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi glukosa.

Kayu manis menjadi pilihan alternatif untuk memberikan rasa manis pada makanan dan minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan yang dimiliki kayu manis juga mampu membantu mengatur kadar glukosa.

3. Bawang putih
Rekomendasi makanan yang sehat untuk ginjal selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa quercetin, jenis flavonoid yang kuat dengan manfaat antioksidan, melawan kemerahan, dan iritasi.

Dalam penelitian yang dikutip dari Global Healing Center menemukan bahwa quercetin pada bawang putih memberikan perlindungan terhadap kerusakan ginjal bagi perokok.

Bagi bukan perokok, zat ini tetap melindungi ginjal dari kerusakan dan bisa meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring limbah dari darah. Dengan begitu, darah hanya membawa zat bermanfaat dalam tubuh dan terhindar dari risiko keracunan makanan ataupun minuman.

4. Kacang merah
Kacang merah memang bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Tak hanya itu, mengonsumsi kacang merah juga dapat meredakan nyeri akibat batu ginjal.

Anda bisa mengomsumsinya dengan meminum rebusan kacang merah untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Memakan sup kacang merah atau meminum es kacang merah rendah gula juga bisa menjadi pilihan terbaik demi mendapatkan rasa puas dan manfaat sekaligus.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun menjadi alternatif pengganti minyak goreng sawit yang lebih sehat. Minyak zaitun juga diketahui bermanfaat bagi kesehatan ginjal.
Lihat Juga :
4 Minuman untuk Cegah Penyakit Selain Susu Beruang
Sebuah studi 2013 mendapati bahwa seseorang yang menderita penyakit ginjal kronis dan memasukkan minyak zaitun dalam dietnya mengalami perbaikan dalam hal gejala.

Sama seperti minyak ikan, minyak ini digunakan sebagai sumber lemak dalam diet Mediterania. Diet ini mengharuskan mengomsumsi minyak zaitun setiap hari.

6. Kumis kucing
Ilustrasi. Tanaman kumis kucing bisa jadi obat herbal untuk ginjal. (iStockphoto/Pcha988)
Tanaman kumis kucing dapat menjadi obat herbal bagi penderita penyakit ginjal. Tanaman ini memang tumbuh di Indonesia dan kawasan Asia.

Namanya yang unik ini didapat dari bentuk bunganya yang berwarna putih namun menyerupai kumis kucing yang panjang dan tebal.

Cara mengonsumsinya hampir sama dengan teh. Keringkan kumis kucing terlebih dahulu lalu diseduh. Rebusan air bisa diminum 2 kali seminggu untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara mendukung kinerja ginjal, hati, serta pencernaan.

Khasiat lain dari kumis kucing adalah menstabilkan gula darah, kaya antioksidan, dan mengontrol tekanan darah.

7. Buah cranberry
Kandungan vitamin C dan mangan dengan dosis tinggi yang terdapat dalam buah cranberry dapat mengobati dan mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Buah ini dapat dikonsumsi dalam bentuk jus.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 oleh tim peneliti Cape Town University menemukan bahwa jus cranberry yang dikonsumsi tanpa gula dapat menjadi makanan yang sehat bagi ginjal.

Jus ini juga bisa mengurangi kadar oksalat dan fosfat dalam urine yang dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

Daftar makanan yang sehat untuk ginjal di atas dapat Anda konsumsi secara teratur demi tubuh yang lebih sehat.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia