Ilustrasi. Stroberi merupakan buah untuk diabetes yang aman dikonsumsi. (Alexas_Fotos/Pixabay)

Memakan buah jadi salah satu cara terbaik untuk bikin perut kenyang. Namun, orang dengan diabetes perlu memperhatikan beberapa hal.
Tak semua buah aman untuk penderita diabetes. Ada beberapa buah untuk diabetes yang dianggap aman dan menyehatkan.

Sebagaimana diketahui, kebanyakan buah mengandung gula. Pertanyaannya kemudian, amankah penderita diabetes mengonsumsi buah?

American Diabetes Association menyebutkan bahwa pada dasarnya, buah apa pun baik untuk orang dengan diabetes. Bahkan, sebuah studi pernah menemukan, asupan buah yang tinggi menurunkan risiko diabetes tipe-2.

Namun, tidak semua buah sehat dan aman untuk dikonsumsi. Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Buah untuk Diabetes
Salah satu cara untuk memilih buah yang aman bagi penderita diabetes adalah dengan memeriksa nilai indeks glikemik (GI) yang terkandung.

Mengutip Medical News Today, GI merupakan peringkat pada skala 1-100 yang menunjukkan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan gula darah. Makanan dengan skor GI yang rendah lebih baik untuk penderita diabetes.

Berikut beberapa buah untuk penderita diabetes, mengutip Web MD.

Buah Sehat untuk Penderita Diabetes
Ada beberapa buah yang aman untuk diabetes, seperti berikut ini.

1. Blackberry
Dalam 100 gram beri mentah mengandung 62 kalori, 14 gram karbohidrat, dan 7,6 gram serat.

2. Stroberi
Dalam 100 gram stroberi mentah mengandung 46 kalori, 11 gram karbohidrat, dan 3 gram serat.

3. Tomat
Dalam 200 gram irisan tomat mengandung 32 kalori, 7 gram karbohidrat, dan 2 gram serat.

4. Jeruk
Dalam satu buah jeruk berukuran sedang mengandung 69 kalori, 17 gram karbohidrat, dan 3 gram serat.

Buah dengan Indeks Glikemik Rendah
Jeruk merupakan buah untuk diabetes dengan skor GI rendah. (Pixabay/uroburos)
Umumnya, kandungan serat membantu menjaga buah tetap berada pada indeks glikemik yang rendah atau di bawah 55. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut di antaranya:

– apel
– jeruk
– kurma segar
– pir
– alpukat
– ceri
– plum

Buah dengan Indeks Glikemik Tinggi
Beberapa buah berada di skala indeks glikemik yang tinggi atau lebih dari 70. Penderita diabetes disarankan untuk menghindari daftar buah berikut:

– nanas
– semangka
– anggur
– mangga
– pisang
– kurma kering

Pahami aturan makan buah untuk diabetes di atas agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia