Terdapat sejumlah minuman yang baik dikonsumsi saat sarapan dan membantu turunkan berat badan. Apa saja? (Pixabay/mammela)

Sarapan dengan makanan dan minuman sehat menjadi pilihan tepat untuk memulai hari. Namun ketika sedang memperhatikan berat badan, Anda perlu ekstra hati-hati dengan apa yang Anda makan dan minum di pagi hari.

Pastikan makanan dan minuman (selain air putih) keduanya mengandung sejumlah kalori. Selain itu, coba minum minuman rendah kalori dan bergizi sebagai sarapan karena dapat meningkatkan metabolisme dan membantu dalam proses pembakaran lemak.

Apa saja? Berikut lima minuman untuk sarapan yang diyakini membantu menurunkan berat badan.

1. Kopi
Kopi adalah minuman favorit kebanyakan orang di pagi hari dan tidak ada salahnya memulai hari Anda dengan secangkir kafein. Namun ketika dalam proses penurunan berat badan, cukup konsumsi kopi hitam tanpa gula.

Sebagaimana dilansir Times of India, menambahkan gula dan susu ke dalam secangkir kopi dapat meningkatkan jumlah kalori yang dapat merusak rencana diet harian Anda.

Selain itu, batasi asupan kopi harian Anda hingga 2 cangkir. Jika tidak, Anda harus menghadapi efek samping dari asupan kafein yang berlebihan seperti sulit tidur, dehidrasi, dan kembung.

2. Teh hijau
Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat mempercepat proses pembakaran lemak dan juga meningkatkan performa Anda saat berolahraga.

Senyawa utama dalam minuman ini adalah katekin yang bertanggung jawab atas semua manfaat kesehatannya.

Anda juga dapat memiliki jenis lain dari minuman herbal seperti teh hibiscus, teh oolong.

3. Infused water
Minuman lain yang baik untuk diminum di pagi hari adalah infused water. Anda dapat menambahkan lemon dan mint atau kayu manis dan apel atau bereksperimen dengan resep lainnya.

Mint, rempah-rempah, serta lemon merupakan produk makanan yang memiliki sifat pembakar lemak. Minuman itu juga dapat membantu meningkatkan kekebalan Anda, membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah dehidrasi.

4. Jus buah dan sayuran
Segelas jus buah atau sayuran segar dapat memberi Anda nutrisi yang baik. Jus rendah kalori dan dapat meningkatkan metabolisme.

Anda juga dapat mencampur sayuran dan buah untuk segelas jus segar. Segelas jus di pagi hari dapat membantu meningkatkan proses pembakaran lemak dan membuat Anda kenyang hingga waktu makan berikutnya.

5. Smoothie
Segelas smoothie yang dibuat dengan buah-buahan dan kacang-kacangan dapat membuat sarapan Anda lengkap.

Ini memberi Anda manfaat susu, buah-buahan dan kacang-kacangan, semuanya adalah hal yang sehat. Jika Anda memiliki segelas smoothie, Anda bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk penurunan berat badan yang sehat.

Anda juga dapat menambahkan bubuk protein ke dalamnya jika Anda berolahraga untuk meningkatkan asupan protein.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia