Belanda mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022. (REUTERS/PASCAL ROSSIGNOL)
Timnas Belanda mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022 usai menang 2-0 atas Norwegian pada laga terakhir grup G di Stadion De Kuip, Rotterdam, Rabu (17/11) dini hari WIB.
Tambahan tiga poin membawa Belanda lolos otomatis ke Piala Dunia 2022. Tim Oranye lolos sebagai juara grup dengan keunggulan dua poin atas Turki yang finis di posisi kedua.Belanda mengoleksi 23 poin dari 10 pertandingan. Skuad asuhan Louis van Gaal mengungguli Turki yang juga meraih kemenangan atas Montenegro dengan skor 2-1 dalam waktu yang bersamaan.Belanda meraih kemenangan atas Norwegia lewat perjuangan yang tidak mudah. Memphis Depay dan kawan-kawan mendapatkan perlawanan ketat dari Norwegia yang juga memburu kemenangan demi menyegel tempat ke putaran final Piala Dunia 2022.

Kerja keras Belanda baru membuahkan hasil melalui dua gol yang tercipta jelang babak kedua berakhir. Dua gol itu dijaringkan Steven Bergwijn dan Memphis Depay.

Bergwijn mencetak gol memanfaatkan umpan Arnaut Danjuma. Tembakan keras pemain Tottenham Hotspur itu dari dalam kotak penalti menggetarkan gawang tim tamu.

Di masa injury time babak kedua, Belanda memperbesar skor jadi 2-0. Umpan Bergwijn memanfaatkan serangan balik mampu dikonversi jadi gol dengan mudah oleh Depay.

Di pertandingan lain, Turki berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Montenegro. Tim tamu sempat tertinggal 0-1 dari Montenegro melalui gol yang dicetak Fatos Beciraj pada menit ke-4.

Namun, Turki bisa membalikkan keadaan setelah Kerem Akturkoglu dan Orkun Kokcu membobol gawang Montenegro. Kemenangan ini membuat Turki akan berjuang di babak playoff untuk memperebutkan tiket lolos ke Piala Dunia 2022.

Susunan pemain
Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong, Davy Klaassen; Steven Bergwijn, Memphis Depay, Arnaut Danjuma

Norwegia (4-3-3): Orjan Nyland; Marcus Pedersen, Stefan Strandberg, Andreas Hanche-Olsen, Birger Meling; Martin Odegaard, Mathias Normann, Morten Thorsby; Ola Solbakken, Alexander Sorloth, Mohammed Elyounoussi.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia