Berikut manfaat diet karbo yang dapat dirasakan tubuh, termasuk dapat menurunkan berat badan. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/armano777)

Diet karbo atau diet rendah karbo merupakan metode menurunkan berat badan dengan fokus utama mengurangi segala bentuk makanan atau minuman tinggi karbohidrat.
Manfaat diet karbo dipercaya bisa lebih cepat mengurangi lemak tubuh sehingga membantu proses penurunan berat badan.

Umumnya, jenis makanan tinggi karbohidrat yang dibatasi seperti nasi putih, roti putih, pasta, dan makanan olahan lainnya yang juga tinggi kalori.

Selain membantu menurunkan berat badan, berikut manfaat diet karbo lainnya yang dapat dirasakan tubuh, yang dilansir dari laman Healthline.

1. Menekan nafsu makan
Membatasi asupan tinggi karbo serta memperbanyak makanan kaya serat dan protein, bisa mengurangi nafsu makan berlebih karena menjadi cepat kenyang.

Sebuah studi menunjukkan ketika seseorang mengurangi karbohidrat dan lebih banyak mengonsumsi protein, mereka akan makan lebih sedikit kalori.

2. Menurunkan berat badan
Memangkas jumlah karbohidrat harian merupakan cara sederhana yang cukup efektif dalam menurunkan berat badan.

Meski terbukti ampuh untuk kurangi bobot berlebih, diet karbohidrat kurang cocok dilakukan jangka panjang dan belum sepenuhnya aman.

3. Kurangi lemak perut
Manfaat diet karbo salah satunya mengurangi lemak perut (Ilustrasi Foto: iStockphoto)
Manfaat diet karbo dapat mengurangi tumpukan lemak dalam perut yang umumnya menyebabkan buncit serta memicu penyakit berbahaya lain.

Apabila menjalani diet karbo secara konsisten, tidak hanya lemak perut yang luntur melainkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 juga berkurang.

4. Trigliserida berkurang
Salah satu faktor utama yang meningkatkan jumlah trigliserida dalam tubuh yaitu kurang gerak dan konsumsi makanan tinggi karbo, terutama fruktosa atau gula sederhana.

Ketika Anda memangkas asupan karbohidrat, efek baiknya yaitu penurunan kadar trigliserida secara terkendali supaya menekan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan kadar kolesterol baik
Semakin tinggi kadar kolesterol baik atau HDL (High-density lipoprotein), maka semakin rendah risiko terkena penyakit jantung.

Cara sederhananya yaitu menjalani diet karbo secara perlahan dengan mengganti jenis karbo yang lebih sehat seperti gandum, quinoa, kentang, beras merah, dan lainnya.

6. Kurangi kadar gula darah
Manfaat diet karbo salah satunya dapat mengurangi gula darah (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Noppawan Laisuan)
Diet karbo terbukti sangat membantu bagi penderita diabetes dan resistensi insulin, karena bermanfaat mengurangi kadar gula darah serta insulin secara drastis.

Menurut hasil studi, penderita diabetes yang mengikuti diet karbo dapat mengurangi jumlah insulin hingga 50 persen.

7. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu faktor pemicu berbagai jenis penyakit berbahaya seperti jantung, stroke hingga gagal ginjal.

Langkah sederhana untuk mengurangi risiko tersebut bisa dengan menjalani diet karbo, perbanyak asupan protein sehat dan serat, serta membiasakan perilaku hidup sehat.

Selain terbukti mengurangi berat badan berlebih bagi penderita obesitas dan diabetes, manfaat diet karbo juga berpengaruh untuk beberapa kategori yang menjalani terapi gangguan otak.

Meski begitu, karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh sehingga tetap harus dikonsumsi dengan jumlah yang ideal serta tidak berlebihan.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia