Timnas Italia gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022 usai ditahan imbang 0-0 oleh Irlandia Utara di Windsor Park, Belfast, Selasa (16/11) dini hari WIB.

Kegagalan meraih kemenangan di markas Irlandia Utara membuat Italia menempati posisi runner up Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022. Italia digeser Swiss yang keluar sebagai juara grup usai menang telak 4-0 atas Bulgaria pada saat yang bersamaan.

Swiss naik ke puncak klasemen dengan 18 poin. Sedangkan Italia turun ke posisi kedua karena hanya mengoleksi 16 poin dan harus menerima kenyataan tampil di babak playoff untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2022.

Italia yang butuh kemenangan mengambil inisiatif serangan di laga ini. Di sisi lain, Irlandia Utara bermain defensif sembari melihat peluang melakukan serangan balik ke pertahanan tim tamu.

Italia menciptakan peluang pada menit ke-32. Chiesa melakukan penetrasi ke kotak penalti Irlandia Utara yang diakhiri tendangan kaki kiri tetapi masih terlalu lemah dan mudah diamankan kiper lawan.

Lima menit berselang Italia kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Insigne berhasil masuk ke kotak penalti tetapi tendangannya masih mudah diamankan kiper Irlandia Utara, Bailey Peacock-Farrell.

Irlandia Utara nyaris unggul lebih dulu 1-0 di awal babak kedua. Umpan mendatar Jamal Lewis disambut tendangan kaki kiri George Saville tetapi bola yang mengarah ke gawang bisa dimentahkan oleh Gianluigi Donnarumma.

Italia mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-63. Chiesa bisa mengecoh satu pemain Irlandia Utara usai menerima umpan Domenico Berardi tetapi tembakan kaki kiri pemain Juventus itu ke tiang jauh berada tipis di sisi kanan gawang.

Italia terus gencar melakukan tekanan tetapi kesulitan menembus pertahanan Irlandia Utara yang tampil solid. Gli Azzurri bahkan nyaris kebobolan jelang akhir pertandingan.

Kesalahan Donnarumma dalam membaca arah bola justru membahayakan gawang Italia. Namun, tembakan Conor Washington masih terlalu lemah sehingga bisa dibaca pemain belakang Italia.

Italia tidak kunjung mampu mencetak gol di sisa waktu pertandingan. Alhasil, skor imbang 0-0 melawan Irlandia Utara bertahan hingga babak kedua usai.

Susunan pemain
Irlandia Utara (5-3-2): Bailey Peacock-Farrell; Stuart Dallas, Tom Flanagan, Jonny Evans, Craig Cathcart, Jamal Lewis; Alistair Mccan, Steven Davis, George Saville; Gavin Whyte, Josh Magennis

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Emerson; Sandro Tonali, Jorginho, Nicolo Barella; Domenico Berardi, Lorenzo Insigne, Federico Chiesa

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia