Foto: Infografis / Whatsapp memiliki 13 fitur tersembunyi yang jarang diketahui pengguna.

WhatsApp memiliki beragam fitur tersembunyi yang menarik dan rahasia ini belum banyak diketahui orang.
Fitur-fitur tersembunyi ini bisa memberikan berbagai bermanfaat bagi pengguna. Banyak fitur atau ‘tombol’ yang menarik bagi penggunanya untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi pesan singkat yang dinaungi Facebook ini.

Mulai dari memberikan efek tertentu pada teks, fitur untuk mengamankan Whatsapp, dan berbagai fitur lain untuk membuat Whatsapp pengguna berbeda.

10 Fitur tersembunyi WhatsApp

1. Setel nada dering yang berbeda
Pengguna WhatsApp bisa menyetel nada dering atau notifikasi yang berbeda untuk setiap pesan yang masuk. Maksud dari pengaturan ini memudahkan pengguna untuk mengetahui siapa yang mengirim pesan tanpa melihat layar ponsel.

Bagi pengguna WhatsApp di HP Android bisa memilih obrolan atau kontak teman yang diinginkan > pilih custom notification (pemberitahuan khusus), beri centang pada kotak > kemudian selesaikan pengaturannya.

Sedangkan bagi pengguna WhatsApp pada iPhone bisa membuka nama kontak saat membuka chat > pilih Nada Khusus.

2. Ganti font
Menyematkan emotikon saat berinteraksi lewat chat membuat pesan lebih menarik, tapi ada hal lain yang bisa membuat WhatsApp lebih menarik.

Salah satunya dengan mengubah font, fitur ini bisa memberi penekanan lain pada pesan tulis dengan huruf tebal, miring, dan coret.

Caranya mengubah font pada chat sebagai berikut:

Tulisan tebal: menggunakan tanda bintang (*)

Tulisan miring : menggunakan tanda garis bawah (_)

Tulisan dengan coretan: menggunakan tanda tilde (~)

Tanda-tanda tersebut bisa Anda bubuhkan sebelum dan sesudah kata atau frasa yang ingin dikirim.

3. Starred Message
Anda bisa memanfaatkan fitur pesan berbintang atau starred message untuk mencari pesan lama yang sudah terbenam dengan chat baru.

Caranya, pengguna bisa menekan bar chat yang ingin ditandai kemudian pilih opsi tanda bintang di bagian atas layar lalu tekan simbol tersebut.

Selain dengan fitur ini, pengguna bisa menyimpan pesan tertentu agar tidak ikut terhapus ketika sedang membersihkan pesan yang ada di kolom chat. Sebab, Whatsapp menyediakan pilihan untuk menghapus semua chat kecuali pesan yang sudah dibintangi.

4. Pinned Messege
Ini adalah fitur untuk membuat pesan yang diinginkan tetap berada di baris paling atas. Misal, ada satu kontak penting yang ingin tetap Anda pantau tanpa harus repot menggulung layar ke bawah karena chat itu telah tenggelam oleh chat-chat baru yang masuk berikutnya.

Cara aktifkan: Klik dan tahan chat yang ingin di pin hingga muncul opsi di bagian atas, pilih tombol pin. Lalu pesan sudah ter-pin sehingga akan tetap bertahan di bagian atas chat.

5. Menyembunyikan centang biru
Centang biru pada WhatsApp bisa menandakan penerima pesan sudah membuka dan membaca pesan pengirim. Namun, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menyembunyikan centang biru dengan alasan privasi.

Anda bisa menonaktifkan centang biru dengan membuka Pengaturan > Akun > Privasi > Untick Read Receipts.

6. Mute Notification
Fitur ini sangat cocok bagi Anda yang tak ingin terganggu dengan dentingan notifikasi dari grup WhatsApp yang terus aktif. Pengguna tak harus keluar dari grup chat namun merasa tidak terganggu.

WhatsApp memberikan 3 pilihan waktu untuk membisukan group chat, yakni 8 jam, seminggu dan selamanya. Caranya, bisa tekan tahan grup yang ingin dibisukan notifikasinya > pilih simbol mute (audio coret) pada bagian atas > dan pilih waktunya.

7. Membatasi Privasi
Salah satu fitur rahasia WhatsApp yang belum diketahui banyak orang adalah menyembunyikan status online, foto, info akun dan WhatsApp Story. Pengguna bisa memilih orang yang ingin dibatasi untuk mengakses informasi Anda dengan alasan privasi.
Bagi pengguna WhatsApp di HP Android bisa membuka Menu > Setelan > Akun > Privasi > ubah pengaturan visibilitas data pribadi. Sedangkan untuk pengguna WhatsApp di iPhone bisa mengakses Pengaturan > Privasi > ubah pengaturan sesuai kehendak.

8. Melihat Detail Pesan
WhatsApp memiliki fitur yang menyedikan informasi jam berapa pesan terkirim dan terbaca oleh penerima.

Bagi pengguna WhatsApp di iPhone, geser ke kiri pada pesan yang Anda kirim untuk melihat informasi lebih lanjut. Sedangkan pengguna WhatsApp di HP Android bisa menekan lama bar chat yang ingin disorot kemudian pilih ikon bertanda seru.

9. Mematikan Fitur Download Otomatis
Berbagi pesan, gambar hingga video bisa membuat memori HP penuh. Jika kiriman file lupa dihapus dan dibiarkan menumpuk akan memakan ruang penyimpanan HP.

Fitur auto-download bisa mematikan download secara otomatis gambar hingga video yang dikirim. Pada HP Android bisa membuka Pengaturan > Penyimpanan dan Data > nonaktifkan mengunduh otomatis.

Sementara untuk iPhone bisa membuka Pengaturan > Penggunaan Data dan Penyimpanan > Media kemudian hentikan gambar dan video yang tersimpan otomatis.

10. Menyembunyikan Status Terakhir
Fitur Last Seen pada WhatsApp membantu pengguna lain untuk mengetahui kapan terakhir Anda online.

Bagi yang merasa risih untuk terlihat kapan terakhir online, fitur ini bisa Anda gunakan. Pengguna bisa menyembunyikan dengan membuka Pengatura > Akun > Privasi > Terakhir dilihat (last seen).

Anda bisa menyesuaikan kategori yang diinginkan seperti Semua Orang, Kontak Saya atau Tidak Ada.

11. Face ID dan Touch ID
Fitur ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin aplikasi WhatsApp dibuka oleh orang lain. Fitur keamanan ganda aplikasi ini juga tersedia pada WhatsApp jadi Anda tidak perlu untuk memasang aplikasi lain, hanya saja fitur ini baru tersedia bagi pengguna iOS.

Caranya bisa membuka Pengaturan > Akun > Privasi > Kunci Layar > Aktifkan Face ID atau Touch ID. Pengguna bisa mengatur durasi waktu seperti Segera, Setelah Satu Menit, Setelah 15 Menit atau Setelah Satu Jam.

Demikianlah fitur rahasia WhatsApp yang belum diketahui banyak orang. Jadi pengguna bisa memaksimalkan aplikasi WhatsApp sesuai keinginan.

12. Chat hilang sendiri
Whatsapp juga saat ini memberikan fitur terbaru agar pengguna bisa mengirim foto, atau video yang akan hilang setelah sekali dilihat oleh penerima. Dengan cara ini, maka foto dan video itu tidak akan memenuhi memori pengguna. Selain itu, fitur ini juga membuat teks, foto, atau video rahasia tak bisa dilihat lagi oleh orang lain setelah sekali dibuka oleh penerima.

Cara mengaktifkan: Saat akan mengirim foto atau video, lihat tanda lingkaran dengan angka 1 di sebelah kiri tombol kirim. Klik tombol 1 itu untuk mengaktifkan, lalu kirim pesan.

13. Hapus pesan yang sudah terkirim
Pengguna juga bisa menghapus pesan yang sudah terkirim jika jangka waktu pengiriman tak lebih dari satu jam yang lalu.

Caranya, tekan pesan yang akan dihapus, hingga muncul opsi di bagian atas aplikasi Whatsapp, pilih gambar tong sampah untuk menghapus. Lalu akan muncul pilihan apakah pesan akan dihapus untuk diri sendiri atau untuk kedua belah pihak. Pilih Delete for Everyone untuk menghapus pesan yang sudah dikirim.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia