Setelah lari pagi atau mengikuti yoga virtual tubuh kerap merasa lelah. Rasa lelah usai berolahraga merupakan sesuatu yang normal terjadi. Namun, sering kali rasa lelah ini juga dibarengi rasa ngantuk. Padahal, Anda masih harus mandi, bersih-bersih, dan melakukan aktivitas lain.

Rasa ngantuk yang timbul setelah berolahraga dikaitkan dengan sejumlah alasan. Berikut alasan tubuh mengantuk setelah berolahraga:

1. Kurang tidur
Mengantuk setelah olahraga bisa menjadi tanda Anda kurang tidur. Kurang tidur menimbulkan efek negatif buat kesehatan termasuk memperlambat metabolisme yang selama ini menjaga fungsi sel.

“Itu berarti jantung, otak, aliran darah, juga organ Anda semuanya bergantung pada fungsi metabolik untuk menjaga Anda tetap hidup. Dan satu faktor gaya hidup utama yang berkaitan erat dengan fungsi metabolik adalah tidur,” kata ahli diet Samantha Cassety, dikutip dari PureWow.

Kurang tidur di malam hari bakal mengganggu hormon dan meningkatkan nafsu makan. Jika kurang tidur jadi kebiasaan, maka bisa timbul masalah berat badan dan kesehatan lain.

2. Dehidrasi
Cek lagi asupan cairan Anda. Rasa kantuk dan lelah berlebihan usai berolahraga bisa berarti Anda dehidrasi. Studi kecil yang diterbitkan di Journal of Nutrition menguji suasana hati, konsentrasi, dan kemampuan mental 25 perempuan yang cukup cairan dan dehidrasi ringan.

Peneliti menemukan dehidrasi mengakibatkan sakit kepala, hilang konsentrasi, mudah lelah dan suasana hati buruk selama dan setelah olahraga.

3. Pola makan tidak baik
Tubuh perlu bekal yang tepat sebelum berolahraga. Tidak hanya lezat dan mengenyangkan, makanan akan memberikan energi sehingga tubuh bisa memecah lemak dan gula. Jika asupan makanan Anda rendah nutrisi, Anda mungkin akan merasa tidak bersemangat olahraga, rasa lelah luar biasa, dan kantuk setelahnya.

Sebaiknya, 30 menit jelang olahraga isi perut dengan pangan yang tepat. Mengutip dari MedicineNet, makanan yang direkomendasikan antara lain, oatmeal, protein shakes, pisang, yogurt dan buah segar, telur rebus dan smoothies.

4. Melewatkan sesi pendinginan
Selesai berolahraga, rasanya pasti tidak sabar keluar dari area gym. Menghirup udara segar setelah berjam-jam terkungkung dalam ruangan tertutup pasti menyenangkan. Namun justru ini yang membuat Anda merasa mengantuk dan sangat lelah.

Sebaiknya beri tubuh waktu untuk melakukan pendinginan. Setelah aktivitas fisik, jantung masih berdetak lebih cepat dari biasanya, suhu tubuh masih tinggi, dan pembuluh darah melebar. Menghentikan aktivitas terlalu cepat atau mendadak bisa membuat tubuh sakit, bahkan pingsan.

Pendinginan bisa dilakukan dengan peregangan untuk mengurangi asam laktat, mencegah kram dan kaku, mengendurkan sistem saraf serta meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia