Ilustrasi. Ada banyak cara untuk membuat dekorasi ruang tamu minimalis tanpa sofa. (iStockphoto/artjafara)

Ruang tamu dan sofa bila diibaratkan bisa seperti pasangan yang nyaris susah putus. Padahal tidak harus begitu. Dekorasi ruang tamu tak melulu wajib diisi sofa. Apalagi jika mengingat, Anda tinggal di ruangan yang serba terbatas atau minimalis misalnya.

Ini saatnya membebaskan diri Anda dari pakem ‘sofa dan ruang tamu’, untuk mencoba kreasi baru. Anda bisa mengaplikasikan dekorasi ruang tamu minimalis tanpa sofa. Ada beberapa cara lain yang lebih fleksibel untuk membuat ruangan lebih nyaman untuk nongkrong berlama-lama.

Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Desainer interior, Douglas Graneto adalah salah satu yang setuju dengan ide ruang tamu tanpa sofa. Berikut sejumlah tips menata ruang tamu tanpa perlu sofa yang disarikan dari Architectural Digest.

1. Bantal lantai untuk dekorasi ruang tamu minimalis tanpa sofa

Menurut Douglas, bantal lantai menawarkan pilihan variasi terbaik. Selain ukurannya yang tidak besar, bantal lantai juga mudah dipindahkan dan dapat diganti sesuai mood Anda.

Tempatkan beberapa bantal lantai di sekitar permadani atau karpet. Anda juga bisa meletakkan bantal lantai di tengah ruangan yang terang dan lapang.

2. Kursi malas bisa jadi pengganti sofa

Blue sofa against white wall with silver painting in spacious living room interior with tableIlustrasi. Banyak cara untuk menentukan dekorasi ruang tamu minimalis tanpa sofa. (iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)

Kursi malas punya banyak fungsi. Anda bisa mengkombinasikan kursi malas ini dengan bantal lantai yang mudah dipindahkan.

Menjadikan kursi malas sebagai pengganti sofa menjadi salah satu tips dekorasi ruang tamu minimalis tanpa sofa. Ruang tamu akan lebih fleksibel digunakan untuk keperluan apa saja.

3. Bangku ditambah kursi

Bangku dan kursi memiliki ukuran yang relatif lebih kecil ketimbang sofa. Selain itu, perabot jenis ini juga lebih mudah diatur.

“Sofa terkadang dapat membatasi fungsi ruang tamu. Menggunakan perabot yang lebih kecil seperti bangku atau beberapa kursi akan memungkinkan penyesuaian dengan mudah,” terang Douglas.

Mengganti sofa dengan bangku dan kursi akan memudahkan Anda mengubah dan menyesuaikan ruang tamu sesuai situasi apapun. Entah itu akan dipakai untuk berpesta, pertemuan resmi, menonton film, ruang intim untuk ngobrol, atau hanya ingin menata ulang tampilan saja agar tampak segar.

4. Kursi untuk dekorasi ruang tamu minimalis tanpa sofa

Jika ruang tamu Anda kecil atau sempit, tarik satu set kursi—terdiri atas empat buah—ke sekitar sandaran atau dinding. Ini akan memungkinkan ruang khusus untuk minum kopi pada pagi atau sore hari, atau juga bisa difungsikan sebagai ruang bercengkerama.

Anda juga bisa meletakkan kursi di sudut ruang tamu untuk area membaca buku. Jika ingin sedikit lebih nyaman, Douglas menyarankan untuk memasang kursi yang memiliki alas duduk empuk.

5. Cukup gunakan meja lipat

Demi menghindari kekacauan, Anda dapat menggunakan meja baki lipat untuk meletakkan kopi atau teh. Alih-alih memakai sofa, menambahkan meja lipat di ruang tamu akan menambah nuansa minimalis.

Cara tersebut juga akan membuat Anda atau kawan yang bertamu leluasa meletakkan gelas minum, buku, camilan atau handphone. Sementara untuk duduk, Anda cukup menambahkan alas berupa karpet atau permadani.

6. Ingat untuk menambah akesori

 

Gray sofa in pink living room and blank space for mockup, 3D renderingIlustrasi. Menambah aksesori yang pas jadi salah satu tips dekorasi ruang tamu minimalis tanpa sofa. (iStockphoto/wuttichaijangrab)

 

 

Pencahayaan, permadani, dinding yang dihias, merupakan tambahan yang direkomendasikan—bahkan untuk ruang tamu yang sangat kecil sekalipun.

Menambahkan aksesori akan membantu kesan ruangan yang lebih luas dan membuat ruang tamu Anda terasa punya ciri khas. Perlakukan area atau sudut ruang tamu Anda seperti memperlakukan ruang tengah atau ruang utama. Sama pentingnya.

“Anda mungkin dapat menggunakan arsitektur asli yang ada di ruang tamu, sebagai tempat duduk,” saran Douglas.

Atau, coba pikirkan, bagian jendela apartemen atau bagian bangunan lain yang barangkali bisa diubah menjadi bangku atau tempat duduk yang lebih mini dari sofa. Pelbagai tips dekorasi ruang tamu minimalis tanpa sofa di atas bisa dimodifikasi sesuai kreatifitas Anda.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia