Laga Italia versus Swiss berkahir imbang 1-1. (REUTERS/ALBERTO LINGRIA)

Laga Italia dan Swiss berujung seri dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan hasil akhir 1-1. Hasil imbang ini membuat pemegang tiket ke Piala Dunia 2022 baru akan ditentukan Senin (15/11/2021) mendatang, ketika Italia mengunjungi Irlandia Utara dan Swiss menjadi tuan rumah Bulgaria.

Laga Italia vs Swiss di kualifikasi Piala Dunia 2022 digelar di Stadio Olimpico, Roma pada Sabtu (13/11/2021) mulai pukul 02.45 WIB.

Di awal pertandingan, Swiss memulai dengan cepat di sisi kiri dan bergulir dengan Noah Okafor memasukkan umpan ke tengah, di mana Silvan Widmer muncul untuk melepaskan tembakan kuat dengan kaki kanannya, yang tidak bisa dibendung Donnarumma.

Swiss pun memimpin posisi 1-0 atas Italia pada menit 11 dan menguasai pertandingan.

Setelah gol pertama, tembakan hebat Okafor dengan kaki kiri dan bola nyaris mengenai tiang kanan. Tak gentar, Okafor kembali muncul sisi kiri pada menit 15, mengembalikan umpan dan Shaqiri menembakan serangan tapi bola melebar.

Setelah tekanan dari Swiss, Italia bergerak untuk mengimbangi skor lewat tembakan Jorginho setelah umpan Emerson dan bola menabrak lawan, rebound diserahkan kepada Chiesa yang tidak ragu untuk menembak.

Namun, kiper Swiss, Yann Sommer berhasil menahan dua tembakan Chiesa.

Pada menit 30, Swiss pun sempat sedikit goyah saat Italia menguasai bola di beberapa menit terakhir, tapi berhasil bertahan.

Setelah ketinggalan hampir satu babak, Italia berhasil menyamakan kedudukan dengan gol Giovanni Di Lorenzo setelah tendangan bebas Lorenzo Insigne dan penyelamatan buruk Yann Sommer.

Lima menit terakhir babak pertama, Italia terus menguasai bola dan Swiss tetap berada di setengah lapangan mereka sendiri. Chiesa diganjar kartu kuning.

Babak kedua dibuka dengan kartu kuning kedua untuk pemain Italia. Setelah Chiesa, Lorenzo Insigne turut mengantongi kartu kuning.
Sedangkan, penguasaan bola terbilang seimbang antara dua tim, Italia dan Swiss.

Pergantian pemain mulai dilakukan pada menit 58, dengan Itala memasukkan Sandro Tonali dan Domenico Berardi untuk menggantikan Manuel Locatelli dan Andrea Belotti.

Lalu di tengah permainan yang masih imbang, Swiss memasukkan Ulisses Garcia dan Kastriot Imeri menggantikan Renato Steffen dan Ricaro Rodriguez pada menit 69.

Italia juga melakukan pergantian pemain antara Nicolò Barella dengan Bryan Cristante.

Usai pergantian pemain, pertandingan makin sengit. Insigne melepaskan tembakan tapi berhasil ditepis Sommer. Fabian Schar diganjar kartu kuning.

Setelah itu, kedua tim masih melakukan perombakan pemain beberapa kali. Namun hingga 10 menit terakhir pertandingan, skor antara Italia dan Swiss masih seimbang.

Di menit-menit terakhir, Italia memperoleh penalti dari pelanggaran yang dilakukan Ullisses Garcia. Sayang, gelandang Italia Jorginho gagal memperoleh angka dari kesempatan tersebut.

Dia melakukan umpan silang, tetapi bola terlalu tinggi dan melewati mistar gawang.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia