Valentino Rossi sukses menjadi miliader lewat MotoGP. (Dorna Sports)

Lewat dunia balapan, utamanya MotoGPValentino Rossi tumbuh menjadi miliarder di dunia olahraga. Berikut ini sederet bisnis dan kekayaan Rossi sebelum pensiun.

Rossi akan menjalani balapan terakhirnya di MotoGP Valencia 2011 pada Minggu (14/11). MotoGP Valencia akan menandai karier 22 tahun Rossi di MotoGP atau sejak musim 2000 ketika masih berpacu di kelas 500cc.

Pada 2013, Forbes memasukkan Rossi sebagai atlet olahraga ke-51 dengan bayaran tertinggi. Pada tahun itu pembalap asal Italia ini mendapat bayaran US$12 juta atau setara Rp170,7 miliar per musim.

Tujuh kali juara MotoGP ini juga tercatat punya nilai kerja sama (endorsement) seharga US$10 juta. Angka dari endorsement ini menjadi salah satu sumber terbesar pemasukan Rossi sebagai pembalap.

Beberapa produk yang hingga kini masih menjadikan Rossi sebagai ambassador adalah Fiat dan Monster Energy, juga Dainese serta Kera Koll. Angka dari para sponsor ini mencapai puluhan juta dolar AS.

Sportskeeda melaporkan, Rossi memiliki kendaraan pribadi yang harganya ditaksir lebih dari US$1 juta. Itu terdiri dari Ferrari 458, BMW M3, Porsche, Bentley, hingga Lamborghini.

Rossi juga memiliki sejumlah properti. Pertama kawasan rumah tinggal senilai US$11 juta di Urbino, Italia. Investasi pribadinya di sejumlah bisnis diperkirakan mencapai 89 juta euro.

Properti Rossi di Urbino itu bernama Tavullia 46. Di kawasan tersebut pembalap 42 tahun ini tak hanya memproduksi dan memasarkan merchandise, tetapi juga menyediakan arena balap motor.

Wealthy Gorilla menyebut, kekayaan bersih Rossi pada 2021 ini mencapai US$160 juta. Hanya saja tidak ada penjelasan terperinci dari mana saja angka kekayaan Rossi itu berasal.

Pada 2007 badan pajak di Italia mengungkapkan Rossi menggelapkan kekayaannya hingga 160 juta dolar Amerika sepanjang 2000-2004. Untuk menutup kasus ini Rossi terpaksa menebus biaya 60 juta dolar.

Money Excite menyebut Rossi memiliki sejumlah aset di London dan Ibiza. Hanya saja tidak dijelaskan berapa banyak properti Rossi di dua wilayah tersebut. Angkanya diperkiraan jutaan dolar AS.

Satu bisnis terbuka Rossi adalah perusahaan yang bergerak dalam dunia balap, yakni VR46. Walau perusahaan baru, VR46 sudah mampu menarik investor asal Arab Saudi yang angkanya mencapai 150 juta euro.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia