Ada banyak manfaat beras merah untuk diet. (iStockphoto/DragonFly)

Nasi merah termasuk salah satu jenis beras diet yang banyak direkomendasikan sebagai pengganti nasi putih.

Ada banyak manfaat beras merah untuk diet. Beras ini dinilai lebih kaya nutrisi dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara langsung.

Disebut beras merah dikarenakan mengandung antosianin berupa pigmen berwarna merah alami. Selain itu, prosesnya berbeda dari beras putih karena kulit ari beras ini tidak dikelupas.

Nutrisi Beras Merah

Red rice in wooden bowlIlustrasi. Ada banyak manfaat beras merah untuk diet. (iStockphoto/Amarita)

Dibanding dengan nasi putih, nasi merah memiliki lebih banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut rinciannya dilansir dari laman U.S. Department of Agriculture.

– 356 kalori per 100 gram
– 8 gram protein
– 75 gram karbohidrat
– 11,1 gram serat
– 0 gula
– 0 kalsium
– 0 kolesterol
– 1,11 milligram zat besi
– 156 milligram potassium
– 67 milligram sodium

Manfaat Beras Merah untuk Diet

nasi merahIlustrasi. Membantu menurunkan berat badan jadi salah satu manfaat beras merah untuk diet. (iStockphoto/Professor25)

Selain bernutrisi, di bawah ini terdapat rangkaian manfaat beras merah untuk diet yang sekaligus bisa menjaga kesehatan tubuh, merujuk Healthshots.

1. Menurunkan berat badan

Beras merah yang sudah dimasak menjadi nasi hanya memuat 45 gram karbohidrat dan serat di dalamnya. Hal ini dapat memberi efek kenyang lebih lama.

Tingginya kandungan serat bermanfaat membasmi endapan lemak dalam usus besar, sekaligus melancarkan pencernaan.

2. Indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (GI) beras merah cenderung rendah sekitar 55. Artinya, konsumsi nasi merah tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

Khususnya bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk penderita diabetes, konsumsi beras merah bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat yang lebih aman.

3. Menjaga kesehatan jantung

Beras merah termasuk jenis whole grain atau biji-bijian utuh tanpa proses penggilingan, sehingga nutrisinya tetap utuh dan memiliki banyak khasiat.

Selain itu, kandungan senyawa lignan pada beras merah berfungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah serta kolesterol jahat penyebab penyakit kardiovaskular.

Cara Memasak Beras Merah

Beras merah umumnya hadir dengan tekstur kurang pulen dari nasi putih, bahkan cenderung kering meski mengolahnya dengan air yang cukup banyak.

Supaya lebih pulen dan tidak kering, berikut cara mengolah beras merah yang bisa dicoba.

· Tuang 2 cup kecil beras merah ke dalam wadah
· Rendam dengan air biasa dan biarkan 1 jam
· Setelahnya cuci sampai bersih dengan air mengalir
· Kemudian masak dalam rice cooker seperti biasa menggunakan air sekitar 2 gelas (disesuaikan)
· Apabila sudah matang, jangan langsung dibuka, biarkan beberapa saat terlebih dulu
· Lanjut pindahkan ke panci kukusan
· Pastikan panci kukusan Anda sudah panas
· Masak kembali nasi dalam kukusan selama 5-10 menit, gunakan api sedang
· Matikan api dan nasi merah pulen sudah bisa disajikan

Apabila proses memasak dua kali dirasa merepotkan, ada alternatif lainnya. Anda bisa merendam beras merah mentah semalaman terlebih dahulu sebelum dimasak.

Manfaat beras merah untuk diet memang cukup menarik, terlebih bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Tapi, Anda tetap harus menambah asupan diet dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lain yang tidak ada dalam beras merah serta imbangi dengan berolahraga demi mendapatkan hasil maksimal.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia