Keyboard merupakan salah satu perangkat input pada komputer (Foto: iStock)

Perangkat input dan output adalah suatu sistem yang ada pada komputer. Komputer adalah sistem yang terdiri atas berbagai komponen tertentu. Komponen tertentu tersebut, nantinya akan saling dihubungkan dan bekerja sama, untuk melakukan proses sehingga mampu menghasilkan informasi.

Secara umum, fungsi dari komputer adalah menerima, mengolah, dan menghasilkan keluaran data, berbentuk informasi baik itu berupa teks, audio, gambar, maupun video.

Data dapat ditampilkan sebagai teks, suara, klik, sentuhan, atau lainnya dari peranti masukan, kemudian akan diproses oleh Central Processing Unit (CPU) untuk menghasilkan output, berupa tampilan informasi, sinyal reaksi, dan lain-lain, seperti dikutip dari buku Informatika SMA Kelas X oleh Mushthofa, dkk.

Sistem komputer terdiri atas perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna, yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Perangkat keras pada komputer dikategorikan lagi menjadi prosesor, memori, perangkat penyimpanan sekunder, dan input serta output.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai perangkat input dan output yang ada dalam komputer. Lalu, apa itu pengertian perangkat input dan output? simak penjelasannya di bawah ini.

Perangkat Input
Dikutip dari buku Sistem Informasi dan Teknologi Informasi karya Wing Wahyu Winarno, perangkat masukan atau input device adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam sistem komputer.

Data yang masuk kemudian akan ditransformasikan dalam sebuah informasi berupa data-data atau perintah pada komputer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Perangkat input digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu perangkat input langsung dan tidak langsung.

Perangkat input langsung adalah perangkat digunakan untuk memasukkan data secara langsung ke sistem komputer tanpa perlu diterjemahkan oleh operator. Sehingga, risiko kesalahannya yang terjadi akan sangat kecil, dan waktu masukannya pun relatif lebih cepat.

Sesuai dengan namanya, perangkat input tidak langsung adalah perangkat yang memasukkan datanya dari luar komputer secara tidak langsung. Artinya data tersebut perlu dibaca atau diketik terlebih dahulu secara manual, sehingga membuat risiko kesalahannya pun cukup tinggi.

Beberapa contoh perangkat input pada komputer antara lain: keyboard, perangkat piranti (mouse, touchpad, touchscreen, trackball, lightpen), microphone, scanner, web cam, dan lain-lain.

1. Keyboard terdiri dari tombol-tombol yang difungsikan untuk memasukkan perintah perintah ke dalam sistem komputer.

2. Mouse bentuknya mirip seperti tikus (mouse), berfungsi untuk memasukkan perintah pada komputer.

3. Scanner berfungsi sebagai perangkat input gambar dari materi cetak.

4. Microphone berfungsi sebagai perangkat input audio.

5. Webcam biasanya terdapat di atas bagian komputer, yang berfungsi sebagai alat pengambil gambar, maupun video.

6. Flashdisk

Perangkat Output
Perangkat output adalah alat yang bertugas untuk menampilkan hasil pengolahan dan pemrosesan data dari komputer dalam berbagai informasi, kepada pengguna.

Seperti yang kita tahu, informasi yang dibutuhkan manusia sangatlah bervariasi ada yang ingin dapat dilihat, didengar, ada pula yang harus dipelajari dalam waktu yang cukup lama. Atas dasar tersebut, maka perangkat output dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai keinginan dari penggunanya.

Perangkat input mengirimkan informasi ke sistem komputer untuk diproses, sedangkan perangkat output menghasilkan atau menampilkan hasil dari proses tersebut.

Contoh dari perangkat output antara lain: monitor, speaker, printer, amplifier, proyektor.

1. Monitor berfungsi sebagai alat yang menampilkan grafis visual, dalam interaksi perangkat input dengan perangkat lunak pada komputer.

2. Printer berfungsi sebagai alat untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer, berupa tulisan maupun gambar secara langsung dengan menggunakan media kertas.

3. Proyektor berfungsi sebagai alat untuk menampilkan keluaran dalam ukuran yang leih besar dan lebar

4. Speaker berfungsi untuk mengeluarkan audio atau suara/bunyi.

Editor : ARON
Sumber : detikedu