Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad bersama Dirut LPP TVRI Iman Brotoseno menandatangani NPHD dan BAST untuk pembangunan stasiun TVRI Kepri.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad bersama Dirut LPP TVRI Iman Brotoseno menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Barang Milik Daerah dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau ke LPP TVRI untuk pembangunan stasiun TVRI Kepri di Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Gubernur Ansar sangat mendukung pembangunan stasiun TVRI Kepri sebagai daya dukung bagi Pemprov Kepri untuk menjangkau seluruh masyarakat Kepri yang tersebar di berbagai pulau.

Menurut Gubernur Ansar, Kepri yang berada di perbatasan dan mempunyai 22 pulau terluar sangat membutuhkan aksesibilitas informasi dan komunikasi yang mumpuni.

“Dengan kehadiran TVRI di Kepri banyak aspek-aspek yang bisa kita eksplorasi bersama, terlebih daerah perbatasan di Kepri banyak terjadi resistensi sehingga masyarakat Indonesia secara luas bisa menyadari isu-isu di Kepri,” ujar Gubernur di Natra Lagoi, Bintan, Selasa (9/11/2021).

Bahkan demi mendukung kehadiran TVRI di Kepri, Gubernur Ansar menambah alokasi lahan hibah di Pulau Dompak yang awalnya direncanakan 1,3 hektare menjadi 2 hektare.

Gubernur Ansar berharap pembangunan stasiun TVRI Kepri bisa dipercepat untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di Kepulauan Riau.

“Kami sangat mengapresiasi TVRI mau membangun stasiunnya di Kepri karena bisa membantu kami menyuarakan tentang berbagai kebijakan strategis untuk kesejahteraan masyarakat dan optimalisasi kemaritiman di wilayah kepulauan ini,” tuturnya.

Hal yang senada diungkapkan Iman Brotoseno. Menurutnya, TVRI sebagai lembaga penyiaran publik memiliki misi penting untuk menghadirkan keterjangkauan informasi di seluruh Indonesia.

“TVRI saat ini sudah memiliki 31 stasiun di ibukota provinsi di Indonesia. Kita mempunyai pemancar dan sudah menjangkau 72 persen seluruh wilayah Indonesia,” kata Iman.

Kehadiran TVRI di Kepulauan Riau, kata Iman, bisa berfungsi sebagai instansi vertikal bagi Pemprov Kepri untuk bersama-sama menyediakan konektivitas antar pulau di Kepri.

Sebelumnya di hari yang sama, Gubernur Ansar dan Iman Brotoseno sudah meresmikan beroperasinya studi mini TVRI di Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang. Studio Mini TVRI ini menjadi langkah awal bagi kehadiran TVRI di Kepulauan Riau.

Iman menargetkan stasiun TVRI dapat dibangun dalam waktu dekat, dan di tahun depan bertepatan dengan ulang tahun TVRI tanggal 24 Agustus sudah bisa diresmikan stasiun TVRI di Dompak.

“Anggaran untuk pembangunan stasiun TVRI sudah disetujui Komisi I DPR RI, kita akan segera memulai prosesnya supaya masyarakat Kepri bisa cepat mersakan manfaatnya,” terangnya.

Editor: DWIK