Vaksinasi corona menjadi salah satu cara untuk bisa menciptakan imunitas dari COVID-19. Upaya ini terus dilakukan di sejumlah negara.
Di Sydney, Australia, vaksinasi bagi warga di atas 16 tahun sudah mencapai 90 persen. Hal ini membuat wilayah tersebut semakin melonggarkan kebijakan COVID-19.
Kondisi berbeda justru terjadi di Inggris. Negara itu saat ini tengah menghadapi lonjakan kasus. Pemerintah di sana tengah mempertimbangkan untuk kembali menerapkan lockdown.
Berikut rangkum berita penanganan corona dari sejumlah negara:

Inggris Catat 30.305 Kasus Baru COVID-19 dan 62 Kematian dalam 24 Jam

Kementerian Kesehatan Inggris memperbaharui kasus harian COVID-19 pada Minggu (7/11). Tercatat ada tambahan 30.305 kasus baru dalam kurun 24 jam. Dengan tambahan itu, kini total kasus COVID-19 di Inggris menjadi 9.301.909 orang.
Selain itu, kematian akibat COVID-19 dilaporkan bertambah sebanyak 62 orang. Total kematian akibat corona di Inggris 141.805 orang.
Menurut beberapa ahli, lonjakan kasus di Inggris disebabkan karena subvarian Delta. Varian ini diduga lebih ganas dari varian Delta yang lebih menular dan sempat memicu lonjakan di Indonesia. Padahal lebih dari 70 persen populasi penduduk Inggris sudah divaksin.
Perdana Menteri Boris Johnson telah mengumumkan strategi penanganan COVID-19 Inggris saat musim dingin. Pemerintah Inggris akan melepaskan rencana wajib paspor vaksin di klub malam, mengakhiri sejumlah kebijakan darurat COVID mereka. Opsi kembali menerapkan lockdown merupakan upaya terakhir.
Johnson akan mengandalkan vaksin dan testing untuk menahan laju penyebaran COVID-19 selama transisi dari musim gugur ke musim dingin.

Pertama dalam15 Bulan, Jepang Laporkan Nol Kematian Kasus COVID-19

Untuk pertama kalinya dalam 15 bulan terakhir, Jepang mencatat nol kasus kematian akibat COVID-19 pada Minggu (7/11).
Dikutip dari Reuters, kantor berita lokal NHK melaporkan bahwa sejak 2 Agustus 2020, setiap hari selalu ada kasus kematian akibat corona. Pada Sabtu (6/11), data Kementerian Kesehatan Jepang mencatat tiga kasus kematian.
Kasus COVID-19 di Jepang mencapai puncaknya pada Agustus 2021. Dalam sehari, penambahan kasus bisa mencapai 25 ribu. Gelombang tersebut disebabkan oleh merebaknya varian Delta.
Kini, kasus harian corona merosot. Rata-rata kasus harian Jepang sekarang berada di angka 200-an.
Kasus infeksi dan kematian COVID-19 Jepang menunjukkan penurunan yang signifikan sejak vaksinasi corona terus dipercepat.

Kasus Positif COVID-19 Global Capai 250 Juta Orang

Pada Minggu (7/11), jumlah kasus positif global telah menyentuh angka 250 juta jiwa. Rinciannya, kasus positif kini mencapai 250.524.158 orang, meninggal 5.063.645 orang dan sembuh 226.777.527 orang.
Amerika Serikat, India, Brasil dan Inggris masih menjadi empat negara dengan kasus terbanyak. Tercatat kasus positif COVID-19 di tiap empat negara itu di atas 9 juta jiwa.
Dikutip dari Reuters, Senin (8/11), sebenarnya penularan COVID-19 sudah mulai menurun seiring banyak masyarakat menerima vaksinasi. Meski begitu, munculnya varian Delta memicu penularan harian kembali melonjak.
Reuters mencatat, selama tiga bulan terakhir jumlah rata-rata harian kasus telah turun 36 persen. Namun, total ada 50 juta orang setiap 90 hari tertular COVID-19 karena varian Delta.
Sebelum ada varian delta, butuh hampir satu tahun untuk mencatat 50 juta kasus COVID-19.
“Kami pikir antara sekarang dan akhir 2022 adalah titik di mana kami mengendalikan virus ini di mana kami dapat secara signifikan mengurangi penyakit parah dan kematian,” kata ahli Epidemiologi dari WHO, Maria Van Kerkhove.
Dari total 240 negara, 55 di antaranya kini harus menghadapi lonjakan COVID-19. Bahkan kasus harian di Rusia, Ukraina dan Yunani kini cukup parah seperti saat gelombang pertama.

Vaksinasi Corona di NSW Australia Hampir 90%, Sydney Semakin Bebas

Kehidupan di Ibu Kota Sydney, negara bagian New South Wales (NSW), Australia, hampir menuju normal. Tingkat vaksinasi corona di NSW semakin tinggi, sehingga semakin banyak kebijakan COVID-19 yang dilonggarkan.
Dikutip dari Reuters, pada Senin (8/11), vaksinasi dosis penuh warga di atas 16 tahun mencapai hampir 90%. Percepatan vaksinasi ini dimulai sejak Juli lalu, setelah sebelumnya program vaksinasi berjalan sangat lambat.
Mulai hari ini, di Kota Sydney, tidak ada lagi batasan jumlah orang yang bisa bertamu ke rumah. Dengan syarat, seluruh pengunjung harus sudah divaksinasi dosis penuh.
Restoran dan lokasi-lokasi hiburan boleh menerima lebih banyak pengunjung. Stadion olahraga juga diizinkan untuk beroperasi dengan kapasitas penuh.

Corona Delta Plus Sudah Masuk Malaysia, Indonesia Siaga Penuh

Varian corona Delta plus A.Y.4.2 sudah sampai negara Malaysia. Indonesia pun bersiap dan semakin meningkatkan pengawasan.
“Varian A.Y.4.2 sudah sampai di Malaysia tapi belum atau tidak terdeteksi di Indonesia sampai sekarang. Dan kita melakukan genome sequence antara 1.500 sampai 1.800 tes perbulan,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers virtual di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (8/11).
Sejauh ini Indonesia belum mendeteksi varian yang diduga lebih menular dari varian Delta tersebut. Sehingga pemerintah betul-betul berhati-hati.
“Dan sampai sekarang kita belum liat, kita tetap jaga perbatasan kita, apalagi ini sudah di Malaysia. Banyak sekali orang Indonesia pulang pergi dari Malaysia baik lewat darat, laut, dan udara,” ungkap dia.
“Nanti akan kita tingkatkan lagi penjagaannya agar kita bisa menahan masuknya potensi varian baru ini ke Indonesia,” tegasnya.
Editor : ARON
Sumber : kumparan