Tak hanya kurang tidur, tidur terlalu lama juga tak baik untuk kesehatan. Berikut tujuh bahaya tidur terlalu lama untuk kesehatan.(Foto: iStockphoto/AndreyPopov)

Tak hanya kurang tidur, tidur terlalu lama juga tak baik untuk kesehatan. Terdapat sejumlah bahaya tidur terlalu lama.

Tidur terlalu lama disebut dengan hipersomnia. Data global menunjukkan sekitar 2 persen populasi dunia mengalami hipersomnia.

Seseorang dikategorikan tidur terlalu lama jika tidur lebih dari 9 jam sehari. Orang dewasa biasanya tidur 7-9 jam. Jika dibiarkan, tidur terlalu lama dapat berdampak pada kesehatan.

Berikut bahaya tidur terlalu lama:

1. Diabetes
Sejumlah studi menunjukkan tidur terlalu lama maupun kurang tidur dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami diabetes. Tidur dikaitkan dengan proses metabolik dan produksi insulin.

2. Obesitas
Dikutip dari Web MD, tidur terlalu lama dapat membuat seseorang mengalami kenaikan berat badan. Studi mendapati orang yang tidur lebih dari 9 atau 10 jam setiap hari, 21 persen lebih mungkin mengalami obesitas dalam enam tahun ke depan dibandingkan orang yang tidur 7-8 jam sehari.

Hubungan ini tetap sama walaupun sudah mengontrol pola makan dan olahraga.

3. Sakit kepala
Sebagian orang melaporkan mengalami sakit kepala saat tidur terlalu lama. Peneliti menduga hal ini terjadi karena tidur berlebihan mengganggu neurotransmitter di otak.

4. Sakit punggung
Tidur terlalu lama dikaitkan dengan sakit punggung. Hal ini dapat terjadi karena kurang gerak sehingga membuat tulang, otot, dan sendi menjadi kaku.

5. Depresi
Studi menemukan orang yang tidur terlalu lama memiliki depresi. Tidur terlalu lama juga membuat depresi semakin parah.

6. Sakit jantung
Studi yang dilakukan pada perawat menunjukkan perempuan yang tidur 9-11 jam per malam memiliki risiko 38 persen mengalami penyakit jantung koroner dibandingkan perempuan yang tidur 8 jam sehari.

7. Kematian
Sejumlah penelitian mengungkapkan orang yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam secara signifikan mengalami tingkat kematian dini dibandingkan orang yang tidur 7-8 jam setiap hari.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia