Perut rata bisa dibentuk dengan pola makan yang tepat. Terdapat sejumlah kebiasaan makan yang bisa bikin perut rata.

Kebiasaan makan ini juga mencegah perut buncit dan lingkar perut yang semakin melar. Proses pencernaan dan metabolisme pun lebih optimal. Terapkan kebiasaan makan ini agar perut lebih rata.

Berikut kebiasaan makan yang bikin perut rata:

1. Asupan protein
Tingkatkan asupan protein dalam menu makanan harian Anda. Asupan protein membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Asupan protein juga dapat meningkatkan proses metabolisme sehingga pembakaran energi dan lemak lebih optimal.

Dikutip dari Eat This, protein juga dapat menstabilkan gula darah dan insulin.

2. Tambah asupan sayur
Sayuran kaya akan serat dan vitamin. Kandungan dalam sayuran dapat membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga makanan yang dikonsumsi tidak menumpuk di usus dan membuat perut buncit.

Sayuran juga membantu menyeimbangkan hormon dan mengatur selera makan.

3. Makan dengan pelan
Jangan makan terburu-buru. Kebiasaan makan yang bikin perut rata adalah makan dengan pelan. Makan dengan pelan membantu meringankan kerja sistem pencernaan.

Selain itu, makan dengan pelan mencegah perut kembung yang membuat perut tampak buncit.

4. Minum air yang cukup
Asupan air yang cukup membantu tubuh mencerna makanan dengan baik. Minumlah yang cukup sebelum dan setelah makan. Setiap orang dewasa direkomendasikan minum dua liter setiap hari atau sekitar 8 gelas ukuran sedang.

5. Jangan langsung tidur
Jangan langsung bergegas untuk tidur atau berbaring. Beri jeda waktu untuk tubuh mencerna makanan. Langsung tidur setelah makan dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia