Vitamin B6 adalah nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil. Berikut manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil dan bayi yang dikandung.(Foto: Istockphoto/Sasiistock)

Vitamin B6 merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh perempuan yang sedang mengandung. Terdapat sejumlah manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil dan bayi yang dikandung.

Vitamin B6 dikenal juga dengan nama piridoksin. Vitamin B6 adalah jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini penting untuk metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Selain itu, B6 juga diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan neurotrasmitter.

Berikut manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil:

1. Perkembangan otak anak
Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil dan bayi adalah membantu membangun jaringan otak. (Foto: Istockphoto/ninjaMonkeyStudio)
Vitamin B6 merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak anak di dalam kandungan. Otak anak berkembang dalam 1000 hari pertama kehidupan. Vitamin B6 membantu membangun jaringan otak yang dapat bekerja optimal di masa depan.

2. Perkembangan sistem saraf
Selain otak, B6 juga berperan membentuk sistem saraf pada anak. Sistem saraf merupakan sistem yang berfungsi untuk mengatur dan mengoordinasikan seluruh aktivitas tubuh.

3. Mencegah preeklamsia
Dikutip dari WHO, vitamin B6 memiliki peran penting dalam mencegah preeklamsia pada ibu hamil. Preeklamsia adalah kondisi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil. Biasanya kondisiini muncul pada kehamilan di atas 20 minggu.

Preeklamsia berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan komplikasi penyakit hingga kematian.

4. Mencegah kelahiran prematur
Studi juga menunjukkan asupan vitamin B6 yang cukup pada ibu dapat membantu mencegah kelahiran prematur. Kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi sebelum minggu ke-37. Anak yang lahir prematur sering kali mengalami sejumlah komplikasi.

5. Mengurangi rasa mual
Studi mendapati vitamin B6 juga membantu mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Penelitian pada 342 ibu hamil menunjukkan konsumsi vitamin B6 dapat mengurangi rasa mual setelah hari.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia