Foto: Getty Images/loops7

Masyarakat yang terjangkit virus corona per hari Minggu (7/11/2021), bertambah 444 orang sehingga total kasus positif Covid di Indonesia menjadi 4.248.165 orang.

Data per hari yang sama mencatat jumlah korban meninggal dunia ada 11 orang. Dengan jumlah itu, akumulasi kasus tewas akibat Covid di Indonesia sebanyak 143.545 orang. Sementara akumulasi kasus kesembuhan mencapai 4.093.795 orang setelah pada hari ini 587 orang dinyatakan sembuh dari infeksi Covid.

Kasus positif per hari ini masih mengalami penambahan dibandingkan kemarin. Pada Sabtu (6/11), infeksi kasus positif harian sebanyak 401 orang, 15 orang meninggal dan ada 622 yang dinyatakan sembuh.

Trend penambahan kasus ini menunjukkan virus corona masih menjadi ancaman di Indonesia. Banyak pakar kesehatan bahkan memprediksi Indonesia akan mengalami gelombang ketiga wabah Covid pada akhir tahun 2021 atau awal tahun depan.

Pemerintah sendiri melakukan relaksasi di sejumlah wilayah dalam penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

DKI Jakarta yang pernah menjadi episentrum penyebaran Covid kini berstatus PPKM level 1. Sejumlah aturan dilonggarkan mulai dari pembukaan mal 100 persen hingga resepsi pernikahan dapat dihadiri 75 persen tamu undangan.

Bahkan, kini untuk perjalanan internasional bagi pendatang yang telah vaksinasi lengkap maka karantinanya dipotong hanya jadi tiga hari.

Masyarakat tetap diminta waspada di masa relaksasi di tengah ancaman gelombang ketiga ini. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mewanti-wanti agar masyarakat tetap mewaspadai penularan meski sebaran kasus positif telah menurun beberapa bulan terakhir.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia