Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meluncurkan website TP-PKK Kepri. Peluncuran website ini disejalankan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Jum’at (5/11/2021).

Gubernur Kepri mengapresiasi kinerja TP-PKK yang selama ini membantu Pemerintah Provinsi Kepri.

Gubernur mengapresiasi kinerja TP-PKK Kepri yang selama ini banyak membantu Pemerintah Provinsi Kepri dalam pemberdayaan keluarga dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar memberikan kata sambutan.

“PKK dari dulu hingga sekarang selalu menjadi mitra strategis pemerintah, jalan PKK sudah cukup panjang dan banyak karya-karya terbaik dihasilkan oleh kader PKK,” ujar Gubernur.

Peluncuran website TP-PKK Kepri di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Tanjungpinang.

Dengan adanya website ini, Gubernur berharap TP-PKK Kepri mampu memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat. Sosialisasi dan penyuluhan masyarakat dapat dilakukan dengan memanfaatkan website yang baru diluncurkan tersebut. Terlebih lagi PKK mempunyai jaringan yang sangat dalam ke lapisan masyarakat.

“Kekuatan utama PKK itu terletak di kader-kadernya yang sangat banyak, PKK mampu menembus hingga ke tingkat RT RW bahkan ke unit terkecil di keluarga,” lanjut Gubernur.

Keluarga yang sejahtera dan sehat mejadi cikal bakal masyarakat yang maju. Dimulai dari keluarga akan tercipta lingkungan yang Madani. Dari lingkungan madani tersebut akan berimbas pada tujuan utama negara Indonesia yang unggul.

Gubernur berjanji akan terus memberikan dukungan kepada TP-PKK Kepri untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan seluruh perangkat daerah yang dipimpinnya. Kerjasama dan kolaborasi tersebut diyakini mampu membuat Visi dan Misi Kepulauan Riau akan terwujudnya Kepulauan Riau yang makmur, berdaya saing dan berbudaya.

“Yakinlah dengan kekompakan dan sinergitas antar kita semua dapat menjadikan Kepri lebih baik lagi kedepannya,” tegasnya.

Ketua TP-PKK Kepri, Hj. Dewi Kumalasari Ansar, mengatakan, PKK Kepri selama tahun 2021 telah banyak melakukan berbagai agenda kegiatan bekerja sama dengan OPD-OPD di lingkungan Pemprov Kepri.

Beberapa diantaranya pembagian 200.000 masker bersama BPBD Kepri ke masyarakat Karimun, Lingga, Tanjungpinang, Bintan dan Batam. Lalu dilaksanakan pula program Pasar Mitra Tani yang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri.

Vaksinasi pelajar pun dilakukan PKK Kepri di SMAN 1 Bintan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

“Semua kegiatan ini merupakan dukungan kami untuk membantu kinerja Pemprov Kepri dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang,” ucap Dewi Ansar.

Ke depannya, kata Dewi Ansar, PKK Kepri akan terlibat secara aktif menurunkan angka stunting di seluruh daerah Kepri. PKK akan berkoordinasi memonitor terbentuknya Tim Pendamping Keluarga Percepatan Penurunan Stunting di Desa dan Kelurahan, dimana di dalam satu Desa/Kelurahan minimal terdapat 1 tim Pendamping Keluarga yang terdiri dari 1 orang kader PKK, 1 orang bidan, dan 1 orang Kader Pembina Keluarga.

“Dengan terobosan gerakan ini, kami dapat membantu Kepri di tahun 2024 angka stunting turun dari 20 persen ke 14 persen,” tutur Dewi Ansar.

Dewi Ansar menutupnya dengan komitmen untuk terus menghadirkan program-program terbaik sehingga keberadaan PKK Kepri memang dirasakan secara nyata oleh masyarakat.

Pada kegiatan tersebut, juga diumumkan pemenang lomba Gerakan Penekan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kepri. Kota Batam berhasil keluar sebagi juara 1 Lomba Peran Kader. Di kategori Lomba Penyuluhan PHBS dimenangkan Kabupaten Lingga. Dan Lomba Penyuluhan IVA Test dimenangkan Kabupaten Karimun.

Turut hadir dalam acara tersebut PJ Sekda Lamidi, Ibu Aisyah Sani, Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, Askomlek Kogabwilhan I, Aspotmar Lantamal IV, Kasiter Korem 033/WP, dan unsur Forkompinda lainnya.

Editor: DWIK