Kanker prostat adalah kanker yang terjadi di kelenjar prostat, di sistem reproduksi pria. Berikut 7 cara mencegah kanker prostat.(Foto: WDnet/Pixabay)

Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono didiagnosis mengalami kanker prostat. Kanker prostat adalah kanker yang terjadi di kelenjar prostat yang terletak di sistem reproduksi pria. Terdapat sejumlah cara mencegah kanker prostat seperti yang diderita SBY.
Pencegahan penyakit umumnya dilakukan dengan menghindari penyebab penyakit tersebut. Pada kasus kanker prostat, hingga saat ini para ahli belum dapat mengetahui penyebab pasti berkembangnya kanker di kelenjar tersebut. Namun, mencegah kanker prostat bisa dilakukan dengan mengurangi faktor risiko.

Berikut 7 cara mencegah kanker prostat:

1. Menjaga berat badan normal
Dokter Haekal Anshari menjelaskan menjaga berat badan yang normal dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Sejumlah studi juga menunjukkan pria yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko yang tinggi terkena kanker prostat. Orang obesitas juga lebih mungkin mengalami kanker prostat yang parah.

2. Konsumsi serat terutama tomat
Cara mencegah kanker prostat salah satunya adalah dengan konsumsi tomat. (Foto: Pexels)
Konsumsi serat terutama tomat dan sayur atau buah berwarna merah seperti semangka dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker prostat. Makanan ini kaya akan likopen. Studi menunjukkan pria yang mengonsumsi makanan tinggi serat dan likopen memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah.

“Secara khusus adalah konsumsi makanan tinggi serat termasuk likopen yang terdapat di dalam tomat,” kata Haekal saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (2/11).

3. Teh hijau
Dikutip dari Healthline, sejumlah studi menunjukkan konsumsi teh hijau mengurangi risiko kanker prostat. Studi pada hewan pengerat menemukan bahwa terdapat hubungan antara kandungan dalam teh hijau dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

Penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk membuktikan hal ini.

4. Kacang-kacangan
Kacang kaya akan isoflavon. Sejumlah studi menunjukkan isoflavon berkaitan dengan penurunan kanker prostat. Isoflavon banyak ditemukan pada kacang kedelai beserta tahu dan tempe, buncis, dan jenis kacang lainnya.

5. Pilih lemak sehat
Studi menemukan terdapat keterkaitan antara lemak dari hewan dengan kenaikan risiko kanker prostat. Lemak hewani terkandung dalam daging, mentega, susu, dan keju.

Sebaiknya pilih lemak nabati misalnya dari minyak zaitun, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

6. Olahraga teratur
Olahraga teratur membantu tubuh tetap sehat dan meningkatkan suasana hati. Olahraga juga membantu mengurangi berat badan. Manfaat olahraga ini dapat menurunkan risiko kanker prostat.

7. Hindari perilaku seksual risiko tinggi
Haekal menyarankan agar pria menghindari perilaku seksual risiko tinggi seperti berganti-ganti pasangan dan tidak menggunakan pengaman karena dapat menyebabkan infeksi menular seksual. Menurut Haekal, infeksi menular seksual dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

“Hindari perilaku seksual risiko tinggi karena salah satu faktor kanker prostat adalah infeksi menular seksual yang menyerang prostat,” kata Haekal.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia