Ilustrasi. Ada beberapa manfaat yogurt untuk diet yang membantu menurunkan berat badan. (iStock/LOVE_LIFE)

Yogurt dibuat dari olahan fermentasi susu. Yogurt dikenal memiliki kandungan probiotik yang tinggi serta kaya nutrisi penting lainnya untuk tubuh.

Konsumsi yogurt juga banyak direkomendasikan bagi yang menjalani program menurunkan berat badan, karena dipercaya bisa membantu melangsingkan tubuh.

Lalu, apa saja rincian nutrisi dan manfaat yogurt untuk diet? Berikut penjelasannya seperti merujuk laman Healthline.

Nutrisi Yogurt
Hampir semua nutrisi yang ada pada yogurt dinilai penting bagi butuh. Di antaranya kalsium dan mineral dengan fungsi untuk memperkuat kesehatan tulang.

Ada juga vitamin D, B, terutama vitamin B12 dan riboflavin. Kegunaannya mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

Satu cangkir yogurt menyediakan 38 persen kebutuhan nutrisi harian karena adanya fosfor, magnesium, kalium, untuk proses biologis seperti mengatur tekanan darah dan metabolisme.

Manfaat Yogurt untuk Diet
Manfaat yogurt untuk diet dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan meski tidak terlalu signifikan. Tapi, untuk diet, yogurt memiliki keunggulan lain seperti berikut.

1. Tinggi protein
Dalam 200 gram yogurt terdiri dari 12 gram protein yang mendukung proses metabolisme tubuh untuk membakar lemak sepanjang hari.

Mendapatkan protein cukup seperti dari yogurt sangat penting supaya nafsu makan terkontrol. Asupan protein bisa meningkatkan produksi hormon penanda rasa kenyang.

Menurut hasil penelitian, orang yang mengonsumsi yogurt sehari-hari berpotensi mengurangi jumlah kalori sehingga terhindar dari makan berlebih.

2. Rendah kalori
Kalori pada yogurt tergolong rendah, di bawah 60 kcal per 100 gramnya. Oleh karena itu, yogurt banyak direkomendasikan untuk pengganti camilan diet yang sehat.

Selain rendah kalori, yogurt juga rendah gula. Tapi, hal ini berlaku untuk jenis yogurt tertentu yang dikonsumsi dalam batas wajar.

Penting untuk diperhatikan, sebaiknya pilih yogurt bebas gula terutama untuk diet. Anda perlu tahu bahwa ada beberapa varian yogurt yang diberi pemanis tambahan di pasaran.

3. Kurangi lemak perut
Berdasarkan hasil penelitian University of Tennessee, mengonsumsi yogurt setiap hari dapat mengurangi lemak perut sekitar 81 persen.

Hal itu dikarenakan adanya kandungan protein tinggi pada yogurt yang membantu laju metabolisme untuk membakar lemak tubuh.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi yogurt tidak hanya bisa mengurangi lemak perut, tapi juga berpengaruh pada ukuran lingkar pinggang yang lebih kecil.

4. Kontrol berat badan
Yogurt memiliki beberapa sifat yang dapat membantu mengontrol berat badan supaya tetap ideal, khususnya bagi orang yang menjalani diet.

Kolaborasi antara protein dan kalsium pada yogurt sangat efektif menekan penurunan nafsu makan sehingga meminimalisasi lonjakan berat badan.

Rutin mengonsumsi yogurt juga cukup ampuh mengurangi risiko terkena obesitas, karena sifatnya tinggi protein yang bisa mempercepat metabolisme dalam membakar lemak.

5. Memperlancar pencernaan
Jenis probiotik dalam yogurt, di antaranya bifidobacteria dan lactobacillus, telah terbukti bisa mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus besar.

Hasil studi menunjukkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi yogurt, memiliki sistem pencernaan yang lebih baik dibanding yang tidak mengonsumsi.

Penelitian lain juga menemukan, probiotik pada yogurt dapat melindungi tubuh terhadap diare terkait antibiotik, serta sembelit.

Meski manfaat yogurt untuk diet memang terbukti ada, Anda tetap harus mengimbanginya dengan olahraga serta menjaga pola makan yang bergizi, sehat dan seimbang.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia