Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina apresiasi keberadaan perpustakaan di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah kini memiliki Pojok Baca Digital, sebagai salah satu sarana penunjang yang diperuntukkan sebagai salah satu upaya meningkatkan minat baca tidak hanya bagi pengunjung masjid, namun juga bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Masjid.

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, mengakui mengapresiasi keberadaan perpustakaan di tempat ibadah tersebut.

“Ini terobosan terbaru, perpustakaan digital dan perpustakaan khusus. Semoga dengan adanya perpustakaan, jemaah makin gemar membaca,” ujarnya, Senin (1/11/2021).

Ia mengungkapkan, gerakan gemar membaca tersebut terus digaungkan, Marlin juga menilai, kebiasaan membaca tersebut penting demi masa depan anak bangsa.

“Sebagai Bunda PAUD Kota Batam, anak-anak terus kita ajak rajin membaca,” katanya.

Dalam mengakses buku, saat ini mulai mudah karena bisa melalui ponsel, Pojok Baca Digital merupakan terobosan penting di tengah kemajuan teknologi saat ini.

“Ibu-ibunya juga harus rajin membaca. Aplikasinya sudah diberikan, jadi di manapun kita berada, bisa baca. Di sini juga ada buku yang dicetak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Samudin mengungkapkan, keberadaan perpustaakan tersebut merupakan hibah Pemerintah Pusat.

Dimana, se-Kepri hanya Batam, Bintan, dan Karimun yang medapatkannya.

“Hibah ini terdiri dari televisi, server, laptop, PC, android. Untuk perpustakaan digital, terdiri dari 3.500 judul,” katanya.

Untuk diketahui, instalasi dan penyiapan jaringan perpustakaan tersebut dibantu langsung Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam.

Editor: WIL