Fabio Quartararo juara dunia MotoGP 2021 setelah finis di posisi keempat MotoGP Emilia Romagna 2021 di Misano, Minggu (24/10), dan Francesco Bagnaia gagal finis.

Ducati mewujudkan start sempurna pada balapan MotoGP Emilia Romagna 2021 setelah Bagnaia dan Miller berada dalam posisi 1-2 di depan Miguel Oliveira. Marc Marquez sukses mengambil alih posisi ketiga dari Oliveira di lap pertama. Quartararo mengakhiri lap pertama dengan naik dua peringkat ke posisi 13.

Nasib sial dialami Joan Mir dan Danilo Petrucci. Mir terjatuh hingga menyeret Petrucci di lap ketiga. Mir sempat dinyatakan terkena hukuman double long lap penalty karena melakukan jump start.

Miller benar-benar menjalankan tugasnya sebagai ‘pembantu’ Bagnaia. Pembalap asal Australia itu mengadang laju Marquez untuk mendekat ke Bagnaia. Tugas itu dijalani hingga lap ketiga sebelum Miller mengalami kecelakaan di tikungan 15 lap keempat.

Memasuki lap delapan, Bagnaia dan Marquez mulai menjauh dari posisi ketiga yang ditempati Pol Espargaro dengan keunggulan hingga 2,7 detik. Di lap ini Quartararo sudah memperbaiki posisi dan naik ke peringkat 10.

Memasuki setengah balapan, Bagnaia masih mampu mempertahankan posisi terdepan dari tekanan Marquez hingga lap ke-16 dengan keunggulan hanya 0,2 detik. Perlahan tapi pasti Quartararo memperbaiki posisi dan berada di posisi ketujuh.

Memasuki lap 18, Quartararo kembali memangkas jarak dengan Bagnaia setelah berhasil menyalip Alex Rins di posisi enam. Satu lap kemudian Quartararo menyalip Aleix Espargaro untuk naik ke posisi lima.

Di lima lap terakhir Bagnaia mulai menjauh dari kejaran Marquez. Strategi Pecco untuk menyimpan ban hingga pertengahan balapan berjalan lancar. Namun musibah terjadi saat lap ke-23 atau empat lap tersisa.

Bagnaia mengalami kecelakaan saat sedang memimpin 1 detik atas Marquez. Hasil itu membuat Quartararo dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2021.

Ketika Bagnaia mengalami kecelakaan, Quartararo sukses menyalip Miguel Oliveira untuk berada di posisi ketiga.

Quartararo akhirnya menjadi juara dunia MotoGP 2021 setelah finis keempat. Quartararo disalip Enea Bastianini di lap terakhir. Kemenangan diraih Marc Marquez, disusul Pol Espargaro di posisi kedua.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia