Pendingin ruangan ini berisiko menyedot listrik yang besar jika penggunanya tidak cermat. (iStockphoto/Getty Images/fizkes)

Air conditioner (AC) sudah bukan lagi barang mewah dan banyak digunakan orang sebagai pendingin ruangan. Alat elektronik ini berisiko menghabiskan daya listrik yang cukup besar jika penggunaannya tidak cermat.

Meski demikian, bukan berarti penggunaannya tak bisa disiasati. Sebenarnya ada cara hemat listrik AC yang perlu Anda tahu supaya tagihan listrik tetap terkontrol.

Merujuk Asia One, berikut cara yang perlu Anda terapkan untuk menghemat listrik meski sedang menggunakan AC.

Ilustrasi pendingin udara (AC) merek Sharp. (www.sharp-indonesia.com)Cara hemat listrik AC supaya tagihan listrik tetap terkontrol. (Ilustrasi Foto: www.sharp-indonesia.com)

1. Atur suhu

Penggunaan AC yang tidak tepat memang bisa meningkatkan konsumsi daya listrik. Semakin rendah suhu AC, maka semakin tinggi daya yang dibutuhkan.

Suhu ideal AC agar hemat adalah 23-25 derajat celcius. Selain itu, suhu tersebut tetap membuat ruangan nyaman, sejuk, dan menghemat energi lebih tinggi.

2. Rutin bersihkan filter

Filter merupakan komponen terpenting dari AC. Jika tidak rutin dibersihkan akan menimbulkan bau tak sedap saat AC dinyalakan dan lebih cepat menghabiskan daya listrik.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu membersihkan filter setidaknya 1-3 bulan sekali.

Jika kondisi udara di lingkungan tinggal Anda buruk ditambah dengan intensitas penggunaan AC yang tinggi, tentu pembersihan juga harus lebih sering.

3. Frekuensi saklar AC

Cara hemat listrik AC selanjutnya adalah dengan memperhatikan frekuensi saklarnya. Apabila terlalu sering mati-nyalakan alat pendingin ini, besar kemungkinan tagihan listrik melonjak.

Jika Anda harus meninggalkan ruangan dengan rentan waktu yang tidak terlalu lama, tak perlu mematikan AC dan biarkan menyala di suhu ideal 25 derajat celcius.

4. Gunakan AC inverter

AC inverter dibekali dengan teknologi inverter yang bisa menyesuaikan kebutuhan suhu ruangan. Jenis AC Inverter ini sangat cocok bagi Anda yang butuh menghidupkan AC sepanjang hari.

Ketika dinyalakan, sistem AC Inverter memang akan menyedot daya listrik tinggi. Tapi setelah suhunya menyesuaikan, kompresor AC inverter akan bekerja seminimal mungkin dan stabil.

Penggunaan AC inverter ini juga sebaiknya dikhususkan untuk ruangan tertutup yang jarang dibuka-tutup agar dapat menekan penggunaan listrik berlebih supaya tetap hemat.

5. Aktifkan blower AC

Setelan (setting) pada setiap AC biasanya dilengkapi blower bawaan di dalamnya. Anda bisa memilih suhu ideal sambil mengaktifkan setelan kipas tersebut untuk menghemat listrik.

Dengan menggunakan setelan fan (kipas) pada AC, suhu ruangan akan tetap sejuk dan nyaman meski temperaturnya sedang serta perputaran udara jadi lebih cepat.

6. Perhatikan efisiensi AC

Memperhatikan efisiensi AC juga cukup penting, mengingat alat pendingin ini biasanya tidak merata membuat setiap sudut ruangan jadi dingin.

Cara hematnya, Anda bisa gunakan AC ketika memang diperlukan dan hindari mendinginkan ruangan ketika kosong atau tidak ada orangnya.

7. Rutin melakukan pemeliharaan AC

Pemeliharaan AC secara rutin harus dilakukan supaya performanya tetap bekerja maksimal dalam mendinginkan ruangan.

Jika AC tidak rajin dibersihkan menyeluruh, aliran udara pada sistemnya bisa tersumbat dan berpotensi meningkatkan daya konsumsi listrik tinggi sekaligus memperpendek umurnya.

Cara hemat listrik AC juga bisa dengan memaksimalkan sirkulasi udara sekitar dan pastikan ruangan tersebut memiliki ventilasi yang cukup supaya angin alami mudah masuk membuat sejuk.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia