Studi terbaru memyebutkan melihat meme lucu dapat membantu orang merasa lebih tenang. (iStockphoto/recep-bg)

Meme-meme lucu bertebaran di media sosial. Anda bisa memanfaatkan meme ini untuk membantu meredakan stres selama pandemi Covid-19. Studi terbaru menunjukkan melihat meme lucu dapat membantu orang merasa lebih tenang dan mengatasi stres karena pandemi.

Penelitian yang dipublikasikan di American Psychological Association ini meneliti 748 orang. Peneliti menganalisis bagaimana meme tersebut dapat berdampak pada emosi seseorang.

Awalnya, peneliti mengukur tingkat stres dan kegugupan yang dirasakan peserta. Setelah itu, peneliti memperlihatkan meme yang memiliki teks terkait dengan Covid-19. Pada kelompok kontrol, peneliti memperlihatkan teks biasa dan tidak memiliki gambar.

Mereka pun diminta menilai meme, tingkat kecemasan dan emosi positif setelahnya.

Hasilnya, kelompok yang melihat meme memiliki emosi yang lebih positif dibandingkan yang tidak. Tingkat stres pun lebih rendah dari sebelumnya.

“Kami menemukan bahwa hanya dengan melihat tiga meme dapat membantu orang mengatasi tekanan hidup selama pandemi global,” kata peneliti utama dari Pennsylvania State University, profesor Jessica Gall Myrick, dikutip dari Independent.

Selain itu, orang yang melihat meme terkait Covid-19 merasa lebih percaya diri dengan kemampuan mereka untuk mengatasi pandemi.

“Sementara Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan agar orang menghindari terlalu banyak media terkait Covid demi kesehatan mental mereka, penelitian kami mengungkapkan bahwa meme tentang Covid-19 dapat membantu orang merasa lebih percaya diri dengan kemampuan mereka menghadapi pandemi,” kata Myrick.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia