Setelah berolahraga tubuh perlu mengganti elektrolit yang hilang. Berikut sejumlah cara mudah mengembalikan elektrolit tubuh.(Foto: iStockphoto/artJazz)

Setelah berolahraga dan banyak mengeluarkan keringat, tubuh perlu mengganti elektrolit yang hilang. Berikut sejumlah cara mudah mengembalikan elektrolit tubuh.
Elektrolit adalah partikel kecil memiliki fungsi penting untuk tubuh.

“Elektrolit adalah partikel kecil yang membawa sifat elektris dan memberikan banyak fungsi buat tubuh, seperti menjaga keseimbangan cairan baik di dalam maupun di luar sel sehingga otot dan organ Anda bekerja optimal,” kata ahli nutrisi Vishal Patel, dikutip dari Bustle.

Terdapat banyak jenis elektrolit dalam tubuh. Elektrolit yang berhubungan dengan hidrasi diantaranya adalah sodium, potasium, kalsium, dan magnesium. Elektrolit ini harus cepat digantikan saat berolahraga.

Saat elektrolit berkurang, seseorang bisa mengalami kram otot, kelemahan, aritmia, lumpuh hingga kasus fatal seperti kematian akibat serangan jantung.

Berikut cara mudah mengembalikan elektrolit tubuh:
1. Minum air kelapa
Air kelapa merupakan sumber elektrolit yang baik. Dikutip dari Insider, dalam sekitar 200 mililiter air kelapa mengandung 350 miligram potassium atau 13 persen dari kebutuhan harian. Sebaiknya minum air kelapa tanpa gula tambahan.

2. Alpukat
Setelah olahraga, konsumsi makanan yang kaya akan elektrolit seperti alpukat. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau dijadikan topping roti bakar.

Ahli diet Luciana Godoi menyarankan untuk memadukan alpukat bersama makanan kaya elektrolit lain seperti, bayam, brokoli, jeruk, stroberi, nanas, kiwi, kale, markisa, blueberry, pepaya atau blackberry.

Jika ingin mengolah beberapa bahan tersebut menjadi smoothies, Godoi menyarankan untuk menambahkan spirulina, wheatgrass atau superfood lain.

3. Segelas susu
Segelas susu akan membantu menggantikan elektrolit yang hilang. Susu merupakan sumber kalsium dan sodium yang baik. Dalam 100 mililiter susu mengandung hampir 200 miligram kalsium dan 281 miligram potassium.

Selain itu, produk susu seperti keju juga baik untuk menggantikan elektrolit. Dalam 28 gram keju parmesan mengandung 336 miligram kalsium dan 26,1 miligram sodium.

4. Makanan asin
Ahli diet Paul Kriegle menyarankan untuk menyantap makanan serba asin setelah mengonsumsi makanan manis. Makanan serba asin misalnya acar, kacang asin, atau keripik asin dapat menggantikan elektrolit.

Garam merupakan pilihan yang baik karena kandungan sodium dan kloridanya. Pastikan untuk mengonsumsi garam tidak lebih dari 2.300 miligram sodium per hari.

5. Semangka
Di sela olahraga, Anda bisa menyantap camilan kaya elektrolit. Jika pisang dirasa terlalu berat, maka coba semangka.

Buah ini bisa menghilangkan rasa dahaga karena 92 persen buah terdiri dari air. Semangka berukuran sedang bisa mengandung 320 miligram potassium.

6.  Ayam
Elektrolit bisa Anda peroleh dari daging putih dan unggas. Paling praktis santap dada ayam dengan sayuran. Selain itu, Anda juga bisa merebus 2-3 butir telur. Daging putih dan produk unggas umumnya memberikan elektrolit jenis potasium dan sodium buat tubuh.

7. Jus buah
Anda bisa mengandalkan jus buah sebagai pelepas dahaga pascaolahraga. Beberapa jenis buah yang disarankan antara lain, lemon, jeruk, juga nanas. Namun ada satu jenis buah yang paling menonjol yakni, delima. Jus delima mampu memberikan asupan 533 miligram potassium.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia