Setiap orang mungkin pernah melalui hari-hari dengan perasaan sedikit kosong dan tercerai-berai hingga sulit fokus. Berikut penyebab dan cara mengatasinya.(MangoStar_Studio)

Setiap orang mungkin pernah melalui hari-hari dengan perasaan sedikit kosong dan tercerai-berai hingga sulit fokus. Kepala penuh kabut tidak menyenangkan, bahkan mengganggu kemampuan untuk berkonsentrasi pada hal-hal penting seperti pekerjaan, keluarga atau sekolah.

Melihat kondisi tersebut, psikolog kinerja Haley Perlus lantas berbagi alasan orang tidak fokus dan menawarkan tips untuk mengatasi.

Berikut penyebab orang kehilangan fokus dan cara mengatasinya.

1. Lelah
“Saat Anda merasa lelah, bukan hanya tubuh Anda yang lesu, otak Anda juga,” kata Perlus, seperti dikutip Live Strong.

Dia menambahkan bahwa kurang tidur menjadi salah satu penyebab orang kelelahan sehingga tidak fokus.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur mengganggu kinerja, pembelajaran, dan memori, menurut Healthy Sleep.

Untuk mengatasi penyebab ini, Perlus menganjurkan agar tidur cukup minimal 7 jam per malam.

Dia juga menyarankan strategi sederhana agar mendapatkan tidur berkualitas:

– Hindari tidur siang yang lama di siang hari.

– Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.

– Hindari makanan berat, alkohol atau stimulan seperti kafein menjelang waktu tidur.

Jika Anda masih lelah setelah tidur semalaman, pertimbangkan sesuatu yang memengaruhi kualitas tidur Anda, seperti berolahraga berlebihan, minum terlalu banyak alkohol atau kafein, atau merasa stres.

2. Stres
Stres dapat merusak fokus Anda.

Menurut Perlus, ketika seseorang mengalami stres atau kecemasan, otak (dan kadang-kadang tubuh) sangat sibuk berusaha melawan perasaan tidak nyaman sehingga sulit untuk berkonsentrasi pada hal lain.

Tanda-tanda stres lainnya termasuk:

– Ketegangan di leher, punggung, atau bahu Anda

– Berkurangnya gairah seks

– Amarah

– Sakit kepala

Untuk mengatasinya, lakukan meditasi secara rutin. Sebuah studi Maret 2018 di Mindfulness menemukan bahwa orang yang menyelesaikan hanya 10 sesi meditasi singkat (masing-masing sekitar 10 menit) melalui aplikasi smartphone melaporkan tingkat iritabilitas dan stres yang lebih rendah.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia