Manfaat keramas pakai kopi. F.Getty Images/iStockphoto Olga Buntovskih

Belakangan ini video keramas pakai kopi hitam menjadi viral di media sosial TikTok. Dalam video tersebut, seorang pengguna membagikan trik mencampur kopi dan sampo. Kopi yang digunakan bukanlah ampas kopi, melainkan kopi hitam instan kemasan.

Ternyata menurut penelitian kandungan kafein dalam kopi memiliki banyak manfaat untuk rambut. Lalu apa saja manfaat kopi untuk rambut?

Kopi memiliki daftar panjang manfaat yang diakui bagi tubuh, seperti kemampuan untuk membuat rambut lebih sehat. Sementara beberapa orang tidak memiliki masalah menuangkan minuman dingin ke rambut mereka (dan mendapatkan hasil yang sangat baik).

Viral keramas pakai kopi, berikut sederet manfaat kopi untuk rambut:

1. Mengembalikan pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut dapat terjadi seiring bertambahnya usia baik pada pria dan wanita. Menerapkan kopi secara topikal ke rambut dan kulit kepala dapat menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali.

Dalam kasus kebotakan pria, rambut rontok biasanya terjadi ketika hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Wanita dengan terlalu banyak DHT juga bisa mengalami kerontokan rambut.

Kerusakan folikel rambut terjadi secara bertahap, akhirnya menyebabkan kebotakan. Namun menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut.

Satu studi laboratorium 2007 menemukan bahwa kafein membantu memblokir efek DHT pada folikel rambut pria. Ini merangsang pemanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih lebar. Ini juga memperpanjang durasi anagen, yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Studi ini juga menguji efek kafein pada folikel rambut wanita dan menemukan bahwa kafein juga memiliki efek pertumbuhan pada folikel rambut pada wanita.

Karena kafein adalah stimulan, kafein juga meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Ini juga dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih kuat, memberikan tampilan rambut yang lebih penuh dan lebih tebal.

 

2. Membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Jika rambut kamu tampak kusam, rapuh, dan kering, menambahkan pelembab dapat menghidupkan kembali penampilannya. Anehnya, membilas rambut kamu dengan kopi juga dapat memperbaiki rambut kusam karena mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan sehingga mendorong regenerasi rambut.

Keramas pakai kopi dapat membuat batang rambut bisa menjadi lebih halus. Ini dapat mengatasi rambut kusut, menghasilkan rambut yang lebih lembut dan lebih mudah untuk diurai.

Karena kafein memiliki efek diuretik pada tubuh, kamu mungkin mengira kafein akan memiliki efek mengeringkan saat dioleskan pada rambut. Namun, kafein tidak menghilangkan minyak pada rambut. Sebaliknya, ini dapat membantu dalam mempertahankan kelembapan dan menciptakan kilau alami. Peningkatan sirkulasi darah membantu memindahkan nutrisi ke akar rambut, menghasilkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

 

3. Manfaat keramas pakai kopi dapat secara alami menghilangkan uban

Keramas pakai kopi juga berguna jika kamu ingin mewarnai rambut beruban atau menggelapkan warna rambut secara alami. Kopi berwarna gelap, sehingga bertindak sebagai noda pada rambut. Ini adalah cara cepat untuk menyembunyikan helai abu-abu jika kamu memiliki rambut cokelat atau hitam. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

4. Keramas pakai kopi untuk detoksifikasi kulit kepala

Menggunakan kopi membantu untuk mendetoksifikasi kulit kepala, memungkinkan kamu untuk mengatasi kerapuhan dan ketombe sambil juga menyeimbangkan tingkat pH.

5. Meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala

Ketika dioleskan ke kulit kepala, kopi meningkatkan sirkulasi darah. Ini membantu mentransfer nutrisi ke akar rambut. Akibatnya, rambut kamu tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih tebal.

Tindakan pencegahan saat keramas pakai kopi

Selalu tunggu sampai kopi benar-benar dingin sebelum dipindahkan ke botol semprot dan rambut kamu. Untuk menghindari kulit kepala yang terbakar, jangan pernah mengoleskan kopi panas ke rambut.

Ingatlah bahwa jika kamu memiliki rambut berwarna terang, kopi dapat menodai atau mewarnai rambut kamu. Untuk menikmati manfaat bilasan kopi dengan rambut berwarna terang, gunakan sampo dan kondisioner yang mengandung kafein sebagai bahannya.

Mengapa menerapkan bilas kopi secara topikal?

Jika kamu minum kopi setiap hari, kamu mungkin berasumsi bahwa cangkir harian akan cukup untuk merangsang pertumbuhan rambut atau memperbaiki tekstur dan penampilan rambut kamu. Tapi, untuk mendapatkan efek stimulasi yang sama dengan minum kopi, kamu perlu mengonsumsi sekitar 50 hingga 60 cangkir kopi sehari.

Rata-rata secangkir kopi 8 ons mengandung antara 80 dan 100 miligram kafein. Administrasi Obat Federal (FDA) merekomendasikan hanya mengonsumsi empat hingga lima cangkir kopi biasa sehari – total sekitar 400 mg.

Mengkonsumsi 1.200 mg kafein sudah cukup untuk menyebabkan kejang – jadi 50 cangkir sudah pasti tidak ada. Cara paling aman menggunakan kopi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut adalah dengan keramas pakai kopi atau mengoleskannya dan memijat ke rambut dan kulit kepala kamu.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia