Kasus kematian akibat Covid-19 tinggi, Rusia lockdown lagi. (AP Photo)

Rusia kembali mencetak rekor kematian akibat Covid-19 tertinggi dengan 1.002 kasus dalam 24 jam terakhir hingga hari ini, Sabtu (16/10/2021).

Satuan tugas penanganan Covid-19 Rusia melaporkan bahwa laporan kematian pada Sabtu ini merupakan yang tertinggi sejak pandemi melanda tahun lalu.

Selain itu, satgas tersebut mengumumkan bahwa kasus Covid-19 harian Rusia juga menembus rekor 33.208. Dengan demikian, Rusia sudah mencetak rekor kasus Covid-19 selama lima hari berturut-turut.

Pemerintah Rusia menyatakan bahwa lonjakan infeksi corona dan kematian akibat Covid-19 ini terjadi karena kampanye vaksinasi yang sangat lamban.

Rusia sebenarnya merupakan salah satu negara yang segera memproduksi vaksin setelah pandemi Covid-19 pertama kali merebak tahun lalu.

Namun, sejak saat itu, program vaksinasi di Rusia berjalan lamban, terutama karena warga tak percaya terhadap otoritas kesehatan dan produk-produk medis baru di negara itu.

Presiden Vladimir Putin pun menyatakan bahwa Rusia harus menggenjot kampanye vaksinasi karena negaranya terus mencatat rekor kematian akibat Covid-19.

Hingga saat ini, baru 48 juta dari total 144 juta populasi di Rusia yang sudah divaksinasi Covid-19 secara penuh. Sementara itu, 51 juta orang lainnya baru mendapatkan satu dosis vaksin.

Sebagaimana dilansir Reuters, Rusia memperkirakan baru 45 persen dari keseluruhan populasinya yang punya imunitas terhadap virus corona, baik karena vaksinasi maupun sudah pernah terkena Covid-19.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia