Kadar kolesterol yang tinggi menjadi faktor pemicu sejumlah penyakit seperti jantung. Mengenali gejala kolesterol tinggi dapat membantu Anda untuk mengatasinya.
Berikut gejala kolesterol tinggi, termasuk tanda kolesterol tinggi di wajah.

Kolesterol penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon tertentu. Kolesterol tak bisa larut dalam air sehingga memerlukan alat transportasi untuk bergerak.

Lipoprotein membantu kolesterol bergerak lewat aliran darah. Dua jenis lipoprotein yakni low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Seseorang disebut mengalami kolesterol tinggi jika kadar LDL pada tubuh terlalu besar.

Madu Asli Tidak Akan Berubah Warna, Mitos atau Fakta?
Berikut gejala kolesterol tinggi, termasuk tanda kolesterol tinggi di wajah, seperti dilansir Healthline dan Mayo Clinic.

1. Nyeri pada tengkuk
Nyeri pada tengkuk bisa disebabkan oleh banyak hal seperti rasa stres, kelelahan, juga kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi berkaitan dengan penumpukan plak pada pembuluh darah di area leher. Plak yang menumpuk bisa menghalangi aliran darah dari leher menuju otak hingga menimbulkan rasa nyeri.

2. Rasa lelah dan nyeri di kaki
Keluhan nyeri pada kaki juga bisa jadi gejala kolesterol tinggi. Aliran darah ke jaringan tubuh berkurang akibat penumpukan plak. Aliran darah yang terhambat membuat seseorang merasa mudah lelah.

Saat terjadi penumpukan plak di area kaki, timbul rasa berat, nyeri, bahkan sensasi seperti terbakar.

3. Nyeri dada
Plak yang menutup pembuluh darah bisa menimbulkan rasa nyeri dada. Nyeri pada dada terjadi akibat arteri yang menyuplai darah ke jantung tersumbat.

Dada pun terasa sakit atau sebuah kondisi yang biasa disebut angina sebagai salah satu gejala kolesterol tinggi.

4. Xanthoma
Xanthoma menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi di wajah yang perlu diwaspadai. Kondisi ini mengakibatkan benjolan atau lesi lunak kekuningan pada kulit.

Pada kasus kolesterol tinggi, lesi kekuningan umumnya timbul di sekitar mata dan lipatan mata. Xanthoma adalah kondisi ketika lesi kekuningan semakin membesar dan menyebar.

Tak hanya itu, bercak kuning juga dapat menunjukkan gejala arteri tersumbat dan akan terlihat tumpukan lemak di sekitar mata, hidung dan mulut. Kondisi itu disebut xanthelasma.

“Kondisi ini sering dikaitkan tak hanya orang dengan kolesterol tinggi, tetapi juga penyimpangan saat tubuh memetabolisasi lemak dalam darah, yang juga dapat menurun pada keluarga,” kata Emma Starritt, konsultan ahli kulit yang berbasis di Sydney, Australia, soal tanda kolesterol tinggi di wajah.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia