Ikustrasi. (Foto: Istockphoto/georgeclerk)

Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil kini menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian orang. Dengan memiliki mobil pribadi, kamu dapat menggunakannya untuk produktivitas sehari-hari seperti bekerja, menjemput anak sekolah, hingga menggunakannya untuk berlibur bersama keluarga.

Saat ini, mobil tidak hanya diperuntukkan untuk pasar borjuis saja, karena sekarang banyak mobil dengan harga terjangkau. Ditambah, saat ini terdapat sistem kredit yang makin memudahkan calon pembeli mobil.

Namun, tahukah kamu bahwa kredit mobil memiliki beberapa istilah asing? Untuk itu, jangan sampai kamu kebingungan mengenai istilah-istlah ini saat akan kredit mobil. Melansir dari berbagai sumber, berikut istilah-istilah dalam kredit mobil yang perlu kamu ketahui.

Harga On The Road (OTR) dan Off The Road
Harga On The Road atau OTR adalah harga beli mobil setelah ditambahkan dengan seluruh pajak dan berbagai dokumen lainnya, seperti STNK dan BPKB. Dengan OTR, kendaraan sudah dinyatakan layak jalan karena sudah dilengkapi surat-surat.

Sedangkan Off The Road adalah harga beli sebuah mobil yang tidak termasuk dengan dokumennya. Saat kamu membeli sebuah mobil dengan harga Off The Road, maka kamu hanya baru membayar harga mobil saja dan kamu masih harus membayar untuk mengurus surat-suratnya.

DP (Down Payment)
DP atau yang lebih dikenal dengan uang muka merupakan sejumlah uang yang wajib dibayarkan apabila kamu memutuskan untuk mengambil kredit mobil, dengan besaran sekitar 20 – 30% dari harga kendaraan / OTR.

TDP (Total Down Payment)
Pada saat mengambil mobil melalui kredit, uang yang harus dibayar di awal bukan hanya DP / uang muka, melainkan TDP atau yang lebih dikenal dengan total pembayaran pertama atau total uang muka. TDP dihitung berdasarkan penjumlahan dari beberapa biaya, diantaranya adalah DP / uang muka, administrasi, asuransi, dan angsuran kredit pertama.

Tenor
Tenor adalah jangka waktu masa pinjaman yang umumnya ditentukan dalam bulan atau tahun. Jangka waktu kredit yang disediakan oleh perusahaan pembiayaan berbeda – beda, biasanya berkisar antara 1 hingga 8 tahun.

ADDM & ADDB
ADDM adalah singkatan dari Angsuran Dibayar di Muka. Artinya, angsuran pertama dibayarkan bersama DP. ADDM membuat TDP lebih tinggi, namun ini juga membuat tenor pinjaman akan berkurang satu kali.

Sedangkan ADDB, yaitu singkatan dari Angsuran Dibayar di Belakang. Dalam skema pembayaran ini, TDP-nya akan sedikit lebih ringan, dengan tenor pinjaman tetap dan angsuran pertama akan dibayarkan pada bulan berikutnya (angsuran pertama tidak masuk ke TDP).

Nah, pastinya setelah mengetahui istilah-istilah tersebut, kegiatan kredit mobil kamu akan semakin mudah. Nantinya, kamu bisa langsung menerapkan dalam membeli mobil seperti di BCA Finance yang menawarkan promo menarik di bulan Oktober ini.

BCA Finance memberikan penurunan suku bunga kredit mobil baru yang semula 3,55% turun menjadi 2,99% dengan tenor selama 3 tahun. Selain itu, untuk tenor 4 tahun suku bunganya juga ikut turun dari 4,11% menjadi 3,77%.

Suku bunga ini berlaku untuk semua jenis mobil baru. Selain penurunan suku bunga, DP / uang muka yang dibutuhkan untuk mendapat bunga tersebut adalah DP 20% sehinga selain bunga ringan, DP juga ringan.

Editor : ARON
Sumber : detiknews