Sejumlah snack efektif membantu menurunkan kolesterol. Snack ini umumnya merupakan makanan sehat dan kaya akan nutrisi baik. (Foto: iStockphoto/Magone)

Makanan ringan atau snack tak selamanya buruk. Sejumlah snack efektif membantu menurunkan kolesterol. Snack ini umumnya merupakan makanan sehat dan kaya akan nutrisi baik.

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, masukan makanan ringan ini dalam menu harian untuk membantu menurunkan kolesterol. Imbangi pula dengan pola hidup sehat seperti berolahraga teratur, tidur yang cukup, dan kelola stres. Pasalnya, kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Berikut snack yang efektif turunkan kolesterol:
1. Edamame
Edamame merupakan snack sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Dikutip dari Eat This, edamame mengandung serat larut dan beta-conglycinin yang dapat menurunkan trigliserida.

2. Buah apel
Potongan buah apel dapat dijadikan snack di antara makan berat. Apel mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Alpukat
Buah alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh. Studi menunjukkan alpukat terbukti menurunkan kolesterol jahat. Dikutip dari Healthline, satu buah alpukat rata-rata mengandung 10 gram serat.

4. Roti gandum utuh
Roti gandum mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Kombinasikan roti gandum dengan keju yang kaya akan probiotik sehingga juga baik untuk pencernaan.

5. Oatmeal
Oatmeal bukan hanya baik untuk sarapan. Oatmeal juga bisa dikonsumsi sebagai snack yang membantu menurunkan kolesterol. Oatmeal mengandung serat larut yang menyerap kolesterol.

Itulah snack yang efektif turunkan kolesterol.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia