Tak peduli jenis kelamin, siapa pun menginginkan tubuh yang sehat.
Banyak hal yang bisa mendukung kesehatan pria, termasuk di antaranya makanan. Apa saja makanan kesehatan untuk pria?

Kesehatan pria dilihat oleh beberapa faktor, mulai dari kesehatan otot hingga kesehatan sistem reproduksi.

Pada dasarnya, makanan akan selalu memengaruhi tubuh dengan berbagai cara, termasuk di antaranya menjaga kesehatan.

Untuk itu, pria juga tampaknya perlu mengonsumsi beberapa makanan tertentu agar tetap sehat. Berikut daftarnya, mengutip berbagai sumber.

1. Daging merah tanpa lemak
Daging merah tanpa lemak baik untuk kesehatan pria. Daging ini dikemas dengan banyak protein yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Selain itu, mengutip WebMD, daging merah juga merupakan sumber leusin yang baik. Leusin merupakan asam amino yang membantu membangun otot.

2. Cokelat
Ilustrasi. Asal dimakan dengan cara yang tepat, cokelat bisa menjadi salah satu makanan kesehatan untuk pria. (Istockphoto/AnnaPustynnikova)
Membantu memperlancar aliran darah, cokelat juga menjadi salah satu makanan kesehatan untuk pria. Flavanol dalam dark chocolate dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan sirkulasi darah, hingga menjaga tekanan darah.

Pria dengan sirkulasi darah yang buruk lebih berisiko mengalami masalah disfungsi ereksi, yang akan berpengaruh terhadap kehidupan seksualnya.

3. Kerang
Kerang kaya akan zinc. Kadar zinc di bawah normal bisa menurunkan kualitas sperma dan meningkatkan risiko infertilitas.

Tak suka makan laut? Anda bisa mencari sumber zinc lain seperti daging sapi, daging ayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Tomat
Tomat kaya akan likopen, zat yang dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi tomat lebih kecil kemungkinan terkena kanker prostat.

5. Ikan salmon
Salmon kaya akan vitamin D. Mengutip Everyday Health, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

Mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dapat membantu menekan risiko disfungsi ereksi. Vitamin D bekerja dengan membantu mengurangi kerusakan pembuluh darah yang menjadi penyebab disfungsi ereksi.

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
Ilustrasi. Ada juga beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pria. (iStockphoto/dragana991)
Tak hanya kesehatan secara menyeluruh, secara spesifik pria juga perlu memperhatikan kesehatan seksualnya. Diet atau pola makan menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan seksual.

Perlu diketahui, kesehatan seksual pria akan dipengaruhi oleh aliran darah. Aliran darah yang baik dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.

Mengutip Healthline, berikut beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan pria.

6. Bayam
Bayam kaya akan folat, yang dikenal dapat memperkuat aliran darah.

Asam folat memainkan peran penting dalam fungsi seksual pria. Kadar asam folat dalam darah yang rendah berisiko memicu disfungsi ereksi.

Selain itu, bayam juga mengandung banyak magnesium, yang dapat membantu merangsang aliran darah dan meningkatkan kadar testosteron.

7. Kopi
Sebuah studi menemukan, pria dengan asupan kafein harian yang tinggi, sekitar 1-3 cangkir kopi per hari, lebih kecil kemungkinannya untuk melaporkan disfungsi ereksi.

8. Apel
Salah satu manfaat apel adalah untuk menjaga kesehatan prostat. Hal ini didapat dari asam ursolat, senyawa aktif yang ditemukan pada kulit apel. Studi menemukan, asam ursolat dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat.

9. Alpukat
Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria dengan infertilitas. Satu buah alpukat (150 gram) menyediakan 21 persen kebutuhan hariann vitamin E.

Tak hanya vitamin E, alpukat juga mengandung zinc, mineral penting yang berperan dalam menentukan kualitas sperma, produksi testosteron, dan tingkat kesuburan.

10. Cabai rawit
Ilustrasi. Cabai jadi salah satu makanan yang bisa meningkatkan kesuburan pria. (Pixabay/Hans)
Studi menemukan, pria penyuka makanan pedas memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi daripada mereka yang tak begitu menyukai rasa pedas.

Capsaicin, senyawa yang terdapat pada cabai, dipercaya dapat memberikan pengaruh positif untuk aktivitas seksual. Asupan capsaicin dapat merangsang pusat kesenangan otak, yang berpotensi meningkatkan suasana hati dan memberikan efek afrosidiak.

11. Wortel
Wortel telah lama direkomendasikan untuk mengatasi infertilitas pria, utamanya dalam metode pengobatan tradisional.

Sayuran satu ini dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma karena kandungan karotenoidnya. Karotenoid merupakan senyawa antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia