Timnas Indonesia mengalahkan Taiwan di leg pertama kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan meyakinkan atas Taiwan dengan skor akhir 2-1 di leg pertama playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Duel Indonesia vs Taiwan ini dihelat di Chang Arena, Buriram, Thailand, pada Kamis (7/10/2021) malam WIB. Kemenangan ‘Merah Putih’ ditentukan oleh gol-gol dari Ramai Rumakiek dan Evan Dimas Darmono di masing-masing babak.

Sedangkan gol balasan Taiwan datang di masa injury time yang dicetak oleh pemain pengganti Hsu Heng-pin.

Kemenangan itu membawa Indonesia semakin dekat dengan kelolosan dari fase ini. Indonesia masih akan melakoni laga leg kedua melawan Taiwan di venue yang sama pada Senin (11/10/2021).

Jalannya Pertandingan

Taiwan memulai inisiatif serangan sejak menit awal. Sebuah peluang bagus tercipta di menit keempat setelah sodoran Lee Hsiang-wei kepada Emilio Estevez diakhiri dengan sepakan kaki kanan di dalam kotak penalti. Muhammad Riyandi menepis bola yang mengarah ke tiang dekat.

Serangan balasan Indonesia baru lahir di menit 15. Tusukan Irfan Jaya dari sayap kanan diselesaikan dengan sepakan ke arah gawang, tapi masih melenceng.

Empat menit kemudian, Indonesia berhasil membuka keunggulan. Miftah Sani mengirim umpan crossing dari sisi kiri lalu diteruskan Ramai Rumakiek dengan sepakan mendatar dari dalam kotak penalti, yang menerobos sela-sela kaki kiper Shih Shin-an sebelum masuk ke gawang. Indonesia memimpin 1-0 atas Taiwan.

Setelah unggul Indonesia bermain lebih percaya diri. Lagi-lagi umpan silang dari sisi kiri, Victor Igbonefo gagal meyambut bola meski dalam posisi bagus.

Evan Dimas mencoba peruntungannya dengan sepakan dari jarak jauh usai laga melewati setengah jam. Namun, bola masih belum tepat sasaran sehingga hanya membuahkan tendangan gawang bagi Taiwan.

Indonesia mengurung Taiwan di sepertiga akhir. Akan tetapi, tidak ada gol lain yang tercipta sampai akhir babak pertama sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu Indonesia akhirnya terlahir tidak lama setelah restart. Di menit ke-51, Evan Dimas Darmono membobol gawang Taiwan untuk mengubah skor menjadi 2-0. Diawali dari umpan tarik Kushedya Hari Yudo ke tengah kotak penalti, Evan Dimas menyelesaikan dengan sepakan mendatar.

Lima menit berselang, Indonesia membuang peluang emas. Umpan silang Irfan Jaya di sayap kanan ke depan, Kushedya Hari Yudo yang dibayangi Shih Shin-an tak sanggup menjangkau bola.

Indonesia memperoleh tendangan bebas dari posisi cukup ideal. Egy Maulana Vikri maju mengambilnya, tapi sepakannya masih melayang di atas mistar gawang Taiwan. Berikutnya, Shih Shin-an dua kali membuat penyelamatan bagus untuk menangkis tembakan Egy dari dalam kotak.

Bombardir serangan Indonesia terus bergulir. Upaya Egy Maulana Vikri masih bisa diblok lini pertahanan Taiwan, begitupun dengan Syahrian Abimanyu.

Setelah nyaris sepanjang permainan tertekan, Taiwan mampu mencetak gol balasan di injury time. Hsu Heng-pin menerima operan sundulan, yang diawali dari tendangan bebas, lalu dengan mudah melepaskan sontekan untuk menaklukkan Muhamad Riyandi. Indonesia 2, Taiwan 1.

Indonesia mencoba merespons setelah kebobolan. Egy Maulana Vikri melepaskan sepakan mendatar meski masih mudah diantisipasi Shih Shin-an.

Editor: NUL

Sumber: detikbola