Foto : iStock

Beberapa makanan diketahui dapat membantu mengatasi beberapa penyakit. Seperti tujuh makanan ini yang ampuh atasi nyeri sendi.
Ben Franklin, selaku ahli kesehatan tulang, mengatakan bahwa menjalani pola makan yang sehat dan kebiasaan berolahraga yang baik sangat mendukung kesehatan tulang dan sendi. Terutama pada orang dewasa menjaga pola hidup yang sehat setiap hari diakui sangat penting.

Menjaga kesehatan tulang dan sendi sangat memengaruhi usia harapan hidup. Semakin baik kesehatan tulang dan sendi makanya angka harapan hidup juga dapat meningkat.

Banyak sekali ahli kesehatan tulang yang juga menyarankan untuk mengendalikan pola makan sehat sebagai langkah awal untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Setidaknya ada tujuh makanan yang direkomendasikan sangat baik untuk kesehatan tulang dan sendi.

Berikut ini 7 makanan untuk atasi nyeri sendi menurut Caryortho:
1. Minyak Ikan
Ikan yang hidup di air dingin diketahui memiliki kandungan asam lemak Omega-3 pada minyaknya. Nutrisi ini menjadi nutrisi yang dinilai cukup penting untuk kesehatan manusia secara keseluruhan.

Tidak hanya untuk mengatasi inflamasi protein di dalam tubuh, tetapi nutrisi ini juga dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko sakit jantung, diabetes serta penyakit lainnya termasuk nyeri sendi. Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 ini dapat ditemukan pada ikan-ikan seperti tuna, salmon, trout, halibut dan sarden.

2. Kacang dan Biji-Bijian
Bagi para vegetarian ini akan menjadi kabar baik untuk kesehatannya. Kacang dan biji-bijian diakui sebagai bahan makanan vegetarian yang paling baik untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh inflamasi.

Hal ini berkaitan dengan kandungan Omega-3 yang juga ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Setidaknya konsumsi segenggam kacang-kacangan atau biji-bijian dinilai sudah cukup ampuh untuk membantu meringankan inflamasi pada sendi dan lapisan di antara sendi.

3. Buah berry
Beberapa buah yang mengandung gula dengan cukup tinggi memang tidak begitu disarankan. Tetapi beberapa buah justru diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu meringankan inflamasi dan mengatasi nyeri sendi.

Salah satunya adalah buah beri-berian yang berwarna warni. Buah-buahan dengan ciri warna ungu gelap hingga merah biasanya diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik. Buah-buah tinggi antioksidan ini sangat disarankan oleh ahli kesehatan tulang atau ortopedi untuk dikonsumsi guna mengatasi dan mencegah terjadinya nyeri sendi.

4. Minyak Zaitun
Minyak sayur, minyak bunga matahari hingga minyak kacang sekalipun masih belum cukup baik karena dapat memicu inflamasi atau peradangan termasuk pada persendian. Dibandingkan dengan menggunakan dua sendok makan minyak sayur coba ganti penggunaannya dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun ini bahkan menjadi yang palin sangat direkomendasikan pada pola diet Mediterania bahkan disarankan untuk diminum. Kandungan Omega-3 yang ada pada buah zaitun menjadi alasan utamanya dapat membantu mengatasi nyeri sendi.

5. Bawang Putih dan Umbi Akar
Walaupun bentuknya kecil, beberapa umbi akar justru memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik. Misalnya seperti yang diakui oleh para ahli yang ditemukan pada bawang putih, bawang bombai, atau bahkan kunyit.

Ketiganya mengandung antioksidan yang sangat baik sehingga dapat membantu mengurangi inflamasi pada sendi yang menyebabkan munculnya nyeri sendi. Selain itu jika ditambahkan pada hidangan ketiga jenis umbi akar tersebut sangat baik untuk memberikan rasa yang lezat.

6. Kaldu Tulang
Bukan sekadar memberikan rasa, ternyata kaldu yang terbuat dari tulang juga memiliki manfaat kesehatan yang datang dari kandungan nutrisi tulang yang digunakan. Tulang hewan mengandung glukosamin, kondroitin, serta asam amino yang sangat baik untuk persendian.

Selain itu tulang yang dibuat menjadi kaldu juga bisa menjadi alternatif untuk asupan kalsium dan membantu kepadatan tulang dan sendi. Kandungan gelatin yang keluar dalam proses pembuatan kaldu tulang ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan persendian secara alami.

7. Dark Chocolate
Kandungan antiinflamasi pada cokelat membuatnya direkomendasikan bagi orang dewasa yang menderita nyeri sendi. Biji kakao sebagai bahan utama pembuatan dark cokelat mengandung antioksidan yang dapat menangkal kecenderungan genetik terhadap resistensi insulin dan inflamasi.

Tetapi sebelum mengonsumsi cokelat dengan tujuan mengatasi nyeri sendi, perhatikan kandungan gula dan lemak pada kemasan cokelat yang akan dikonsumsi. Jika ingin mendapatkan manfaatnya yang maksimal, pastikan cokelat tersebut mengandung lebih dari 70% kakao.

Editor : ARON
Sumber : detikfood