Foto: Getty Images/iStockphoto/chictype

Menghidrasi tubuh adalah kunci utama berat badan cepat turun. Selain air putih, coba minum air jinten. Ahli gizi sebut air rempah ini bantu penurunan berat badan lebih cepat.
Berbagai cara dilakukan seseorang agar berat badannya turun dengan cepat. Selain membatasi asupan kalori, menghidrasi tubuh dengan cukup minum air putih adalah kuncinya.

Air putih disebut para pakar sebagai jenis air yang paling sehat. Minum air putih yang cukup turut membantu otak mengenali sinyal rasa haus dan lapar dengan lebih tepat.

Sering kali otak salah mengartikan rasa haus sebagai lapar. Sebuah penelitian yang dipublikasikan Annals of Family Medicine bahkan menemukan kaitan signifikan antara asupan air putih yang kurang dengan obesitas.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hidrasi memegang peranan penting dalam manajemen berat badan yang sehat. Selain air putih, ternyata ada jenis air rempah yang disebut ahli gizi bantu penurunan berat badan lebih cepat.

“Coba minum air jinten,” kata ahli gizi Trista Best seperti dikutip detikfood dari Eat This, Not That! (5/10/21). Air jinten mudah dibuat karena tinggal mencampurkan air dengan biji jinten.

Mengenai nutrisinya, jinten kaya antioksidan yang terbukti bagus untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan kesehatan pencernaan. Manfaat lainnya adalah mengurangi inflamasi dan mengurangi risiko kanker.

Lalu dalam kaitan dengan penurunan berat badan, jinten bersifat mempercepat penghilangan lemak dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. “Metabolisme tubuh yang lebih cepat berarti tubuh membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi.” kata Best.

Baca juga: Buat Racikan Teh Hijau Pakai Jahe hingga Madu Agar Khasiatnya Maksimal
Dalam sebuah percobaan klinis yang melibatkan 88 wanita obesitas, kelompok eksperimen diminta makan yogurt dengan bubuk jinten dua kali sehari selama 3 bulan. Sedangkan pada kelompok kontrol, mereka diminta mengonsumsi yogurt dalam jumlah yang sama, tapi tanpa tambahan bubuk jinten.

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi yogurt dengan bubuk jinten mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan. Begitu juga dengan indeks massa tubuh, lingkar pinggang, dan massa lemaknya yang ikut berkurang.

Partisipan dalam kelompok eksperimen juga memiliki kolesterol total yang lebih rendah, dengan tingkat LDL dan trigliserida yang juga menurun. Sementara jumlah kolesterol baiknya meningkat.

Best mengatakan, air jinten juga bermanfaat mengatur kadar gula darah dengan membantu sel merespons glukosa dan insulin dengan lebih baik. Ketika gula darah tinggi, maka lebih banyak glukosa yang akan disimpan di sel dibanding untuk dikeluarkan sebagai energi, dan ini bisa diubah menjadi lemak.

Untuk membuat air jinten tidaklah sulit. Kamu bisa mengonsumsinya dalam kondisi panas atau dingin. Begini cara bikinnya:

1. Rendam 1 sendok makan biji jinten di dalam 1-2 cangkir air semalaman. Bisa juga menggerus biji jinten lebih dulu agar minyak alaminya keluar.
2. Pagi harinya, rebus campuran ini selama 5 menit.
3. Setelah dingin, saring air jinten dan nikmati bersama es atau dipanaskan kembali sesuai selera.

“Air jinten memiliki rasa mirip kayu/sangat mineral. Saya merekomendasikan penambahan sedikit pemanis alami atau kayu manis untuk membuat rasanya lebih enak,” tutup Best.

Editor : ARON
Sumber : detikfood