Foto: thinkstock

Tiap zat gizi punya manfaat untuk tubuh. Untuk urusan menurunkan berat badan, tujuh zat gizi ini memiliki peranan paling penting.
Nutrisi yang terdapat dalam makanan sangat diperlukan agar fungsi tubuh berjalan dengan normal. Pemenuhan kebutuhannya sangat penting untuk diperhatikan agar tubuh tetap bugar dan kesehatan secara umum tetap terjaga.

Beberapa zat gizi secara khusus memiliki manfaat dan dapat memberikan tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan yang diinginkan untuk tubuh. Mulai dari memberikan energi, menjaga kesehatan organ tubuh, atau bahkan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Para ahli gizi bahkan mengungkapkan beberapa zat gizi penting yang perlu dipenuhi asupannya jika ingin menurunkan berat badan. Zat gizi ini secara alami bisa didapatkan melalui konsumsi makanan-makanan sehat tertentu.

Berikut ini 7 zat gizi penting yang perlu dicukupi untuk turunkan berat badan menurut Food NDTV (13/9):
1. Protein
Protein menjadi salah satu zat gizi penting yang dibutuhkan saat program menurunkan berat badan. Dibandingkan dengan karbohidrat, protein dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga membantu menghindari konsumsi kalori secara berlebihan.

Protein bisa didapatkan dengan pilihan makanan yang beragam dan cukup mudah untuk didapatkan. Untuk memenuhi asupan protein guna menurunkan berat badan ini kamu bisa mengonsumsi telur, ayam, gandum utuh, daging tanpa lemak dan beberapa bahan makanan lainnya.

2. Serat
Memenuhi kebutuhan serat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kelancaran metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik akan sangat berguna untuk program menurunkan berat badan. Hal ini yang membuat para ahli gizi menyarankan konsumsi serat secara rutin pada setiap waktu makan.

Mencukupi kebutuhan serat sangat berguna untuk meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme yang dampaknya akan menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Serat biasa didapatkan secara alami melalui kacang-kacangan, biji-bijian utuh, sayuran-sayuran hijau serta beberapa bahan makanan lainnya.

Baca juga: 5 Makanan Paling Baik untuk Turunkan Berat Badan, IniDaftarnya!

3. Asam Lemak Omega-3
Jika kamu merasa bahwa lemak sangat harus dihindarkan saat menurunkan berat badan, nyatanya ada beberapa lemak penting yang tetap dibutuhkan oleh tubuh saat program menurunkan berat badan. Salah satunya adalah asam lemak omega-3.

Tubuh tetap memerlukan lemak sehat seperti asam lemak omega-3 untuk memangkas penumpukan lemak pada perut. Asam lemak omega-3 ini bisa didapatkan secara alami melalui konsumsi ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau yang berdaun serta masih banyak lagi bahan makanan lainnya.

4. Vitamin C
Selain memangkas lemak dan meminimalisir kalori, tubuh juga butuh dikeluarkan racun-racunnya untuk membantu keberhasilan menurunkan berat badan. Vitamin C menjadi salah satu zat gizi yang sangat baik untuk membantu mengeluarkan toksin atau racun yang ada di dalam tubuh.

Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang dapat bekerja dengan baik menjadi antioksidan yang perannya sangat penting untuk mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Vitamin C ini secara alami bisa didapatkan melalui konsumsi jeruk serta buah-buahan yang rasanya cenderung asam.

5. Potasium
Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan pada jurnal Nutrient menemukan bahwa meningkatkan potasium dapat membantu mengurangi Body Mass Index (BMI) atau indeks massa tubuh. Menurunkan BMI ini akan sangat baik terutama pada saat melakukan upaya menurunkan berat badan.

Potasium juga diungkapkan memiliki peran penting untuk meningkatkan metabolisme yang dapat memangkas berat badan hingga beberapa kilogram dengan lebih cepat. Potasium bisa secara alami didapatkan melalui konsumsi kacang-kacangan,flaxseed, pisang dan beberapa bahan makanan lainnya.

6. Zat Besi
Selain disarankan untuk penderita anemia, mencukupi kebutuhan zat besi juga penting untuk membantu menurunkan berat badan. Zat besi sangat diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh dan otot-otot yang hasilnya akan sangat baik untuk membantu membakar lemak.

memenuhi kecukupan zat besi juga sangat baik untuk membantu melancarkan peredaran dan menjaga kesehatan darah secara keseluruhan. Zat besi ni bisa ditemukan melalui bahan-bahan makanan seperti buah bit, udang, buah-buahan kering dan masih banyak bahan-bahan makanan lainnya.

7. Zinc
Sebuah penelitian yang dipublikasi pada dmsjournal menyebutkan bahwa zinc merupakan suplemen penting untuk kesehatan secara menyeluruh. Zinc memiliki kandungan yang cukup banyak diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi organnya secara normal.

Asupan zinc bisa didapatkan melalui seafood, daging merah, daging unggas, kacang-kacangan dan masih banyak yang lainnya. Tetapi perlu diperhatikan bahwa kebutuhan zinc pada setiap orang adalah berbeda-beda sehingga diperlukan pengawasan dokter agar dapat menurunkan berat badan dengan efektif.

Editor : ARON
Sumber : detikfood