Facebook dan dua aplikasi besar lain mengalami gangguan sejak Senin (4/1) malam sudah bisa diakses pada Selasa (5/10) pagi. Ist

Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami gangguan pada Senin (4/10) malam hingga Selasa (5/10) pagi. Sejumlah netizen pun meluapkan kekesalan pada ketiga aplikasi itu di jagat maya twitter.
Pada pukul 06.31 WIB kata kunci WhatsApp dan tagar #InstagramDown dan #FacebookDown masih menjadi trending di twitter.

“Help..WhatsApp ku error. Awal nya dari semalem ga bisa ngirim sama nerima pesan. Pas pagi aku restart hp nya tetep WhatsApp ku error. Aku hapus cache, hapus penyimpanan, uninstall WhatsApp ku tetap saja error. Pas mau log in terus terusan ada tulisan WhatsApp tidak tersedia,” tulis netizen dengan nama akun @baby44940, Selasa (5/10).

Serupa dengan itu, netizen lain juga sempat merasa bingung sebelum menyadari bahwa WhatsApp, Instagram dan Facebook mengalami gangguan.

“Demi apa sampai bongkar kartu, atur ulang wifi, terakhir akhirnya reset hp. Eh ternyata Whatsapp, instagram dan facebook emang lagi down,” tulis netizen dengan nama akun @avril_chaa.

Meski demikian, sejumlah netizen lain juga mengaku bahwa layanan WhatsApp berangsur-angsur mulai pulih sejak Selasa pagi

Senada, netizen dengan nama akun @biniknyabangtan menyebut bahwa layanan perpesanan dari Facebook itu mulai kembali normal dan chat pun sudah kembali masuk.

“#WhatsApp Udah balik gess udah bisa kirim pesan, ga pending lagi semua [chat] org juga udah masukkk,” tulisnya.

“Alhamdulillah WhatsApp saya sudah ga eror lagi,” tulis netizen @pjarbdo_

WhatsApp Indonesia melalui akun twitter resmi mereka mengatakan bahwa saat ini WhatsApp sudah mulai pulih untuk beberapa orang, dan mereka masih berupaya untuk memutihkannya secara menyeluruh.

“Saat ini untuk beberapa orang sudah dapat mengirimkan dan menerima pesan WhatsApp, kami masih berupaya agar semuanya segera normal. Terima kasih atas kesabaran Anda!” tulis WhatsApp.

Facebook juga telah meminta maaf atas gangguan pada layanannya yang membuat jutaan pelanggan tidak bisa mengakses aplikasinya.

“Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah mendukung kami,” kata Facebook.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia