Ilustrasi Wisman di bandara Foto: Shutter Stock

General Manager Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Bambang menuturkan saat ini ada perubahan aturan baru bagi masyarakat Kepri.

Aturan terbaru ini diungkapkan setelah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mengalami tingkatan level penanganan Covid-19.

Dimana persyaratan yang diberlakukan adalah, calon penumpang yang melalui Bandara Hang Nadim Batam selain menunjukkan sertifikat vaksin covid-19 penuh dosis pertama dan kedua,

Calon penumpang juga hanya harus melengkapi diri dengan surat hasil negatif Rapid Test Antigen, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan.

“Penurunan level ini, berimbas pada persyaratan penerbangan yang melalui Bandara Hang Nadim Batam. Kini hanya cukup menunjukkan surat hasil negatif Rapid Test Antigen, serta sertifikat vaksin covid-19 penuh (1 dan 2),” jelasnya saat dihubungi, Selasa (5/10/2021).

Selain itu, tambahnya, calon penumpang juga wajib melaksanakan pengecekan suhu tubuh sebelum melaksanakan perjalanan, menjaga jarak serta menghindari terciptanya kerumunan.

Serta mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi, dalam rangka pengisian riwayat perjalanan dan validasi kartu/sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat melakukan perjalanan.

“Ini syarat terbaru untuk penerbangan bagi calon penumpang yang melalui Bandara Hang Nadim Batam,” terangnya.

Sebelum nya, dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 48 Tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 1,2, 3 dan 4, serta mengoptimalkan posko penanganan Corona virus disease 2019.

Dalam aturan terbaru Pemerintah Pusat menetapkan, Kepri secara keseluruhan berada di Level 1 yang diraih Kota Tanjung Pinang.

Kabupaten/Kota lain yaitu Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Kota Batam berada di Level 2, dan Level 3 yaitu Kabupaten Natuna.

Editor: WIL