Tips olahraga agar tubuh tidak mudah lelah. (iStockphoto/torwai)

Pandemi Covid-19 telah berlangsung hampir dua tahun, selama itu hampir semua kegiatan dilakukan di rumah. Berdiam di rumah membuat sebagian orang menjadi ‘kaum rebahan’ dan lupa berolahraga.

“Kita WFH, selalu di depan komputer, nonton, bekerja ditambah pesan makanan fast food lewat online, tidak pernah olahraga,” kata Dokter Spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah di Primaya Hospital, Jakarta, Fahmi Ahmad dalam webinar yang membahas edukasi kesehatan jantung dan pembuluh darah, Rabu (29/9).

Padahal, kata Fahmi, olahraga tetap harus dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung. Dia pun memberi beberapa tips agar berolahraga tidak terasa menyakitkan dan bikin kapok.

Berikut tips olahraga agar badan tak mudah lelah:

1. Lakukan pemanasan

Tahapan olahraga penting dilakukan. Hal pertama yang harus dilakukan yakni pemanasan.

“Usahakan lakukan pemanasan sebelum berolahraga minimal 10 sampai 15 menit,” kata Fahmi.

Pemanasan membantu meningkatkan performa tubuh dan juga mencegah cedera.

2. Awali dengan olahraga ringan

Jangan langsung memilih jenis olahraga berat jika Anda telah berhenti lama. Mulai lah dengan olahraga ringan.

Anda bisa jalan-jalan santai di lingkungan sekitar rumah, berlari-lari kecil, yoga untuk pemula, hingga menari dengan tempo lambat.

3. Lakukan dengan santai

Jika sudah merasa yakin, Anda bisa mulai meningkatkan intensitas olahraga menjadi sedang. Namun, tetap lakukan dengan santai dan tidak memaksakan diri.

Anda bisa memulai dengan bersepeda hingga aerobik. Ingat lakukan sepeda dengan kecepatan yang sedang, jangan terlalu memforsir diri agar otot tidak tegang.

“Bisa juga berenang. Lakukan olahraga per minggunya satu sampai dua jam saja,” kata dia.

4. Mulai berolahraga berat, lari hingga tenis

Anda bisa mulai meningkatkan intensitas olahraga ke yang lebih tinggi saat sudah terbiasa dengan intensitas sedang. Pastikan Anda yakin bahwa tubuh memang benar-benar siap menjalankannya.

Lakukan olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi 1-3 kali dalam seminggu. Anda bisa mencoba lari, bermain bulutangkis hingga tenis. Dengan begitu badan tidak akan merasa mudah lelah.

Itulah tips olahraga dari dokter agar badan tidak mudah lelah.
Editor: NUL
Sumber: cnnindonesia