Trevoh Chalobah membobol gawang Southampton. (Getty Images/Clive Rose)

Chelsea menang 3-1 atas Southampton pada pekan ketujuh Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (2/10).

Chelsea unggul lebih dahulu lewat gol Trevoh Chalobah pada menit kesembilan. Gol itu bermula dari sepak pojok Ben Chilwell yang disundul Ruben Lotfus-Cheek.

Bola yang mengarah ke tiang jauh disambut Chalobah dengan sundulan yang tanpa dikawal pemain Southampton. Sundulan Chalobah itu juga tidak bisa diantisipasi kiper Alex McCharty.

Tuan rumah The Blues sempat kembali membobol gawang Southampton pada menit ke-41 lewat striker Timo Werner setelah memanfaatkan umpan silang Callum Hudson-Odoi. AKan tetapi VAR menyatakan gol Werner tidak sah setelah lebih dulu terjadi pelanggaran sebelum gol terjadi.

Unggul satu gol tidak membuat Chelsea mengendurkan serangan. Tekanan terus dilancarkan Mateo Kovacic dan kawan-kawan. Tendangan Werner pada menit ke-48 bisa dimentahkan McCharty.

Alih-alih menambah skor, Chelsea justru kebobolan. Southampton baru bisa menyamakan skor jadi 1-1 pada menit ke-61 lewat tendangan penalti James Ward-Prowse.

Penalti itu diberikan setelah Chilwell dianggap melakukan pelanggaran terhadap Valentino Livramento. Tendangan penalti Ward-Prowse gagal diantisipasi kiper Edouard Mendy setelah bergerak ke arah yang salah.

Pada menit ke-77 Southampron harus bermain dengan 10 orang setelah Ward-Prowse dikartu merah wasit Martin Atkinson. Ward-Prowse dikartu merah lantaran melakukan tekel dari belakang terhadap Jorginho.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Chelsea. Tuan rumah bisa menambah gol pada menit ke-84 lewat gol Werner yang memanfaatkan assist Cesar Azpilicueta.

Jelang pertandingan usai, Chilwell membuat Chelsea menutup pertandingan dengan skor 3-1 lewat gol pada menit ke-89. Gol Chilwell tercipta usai memanfaatkan bola rebound dari tendangan Azpilicueta yang membentur mistar gawang.

Editor: NUL