Nasional
2 min read
13

Jokowi Resmi Buka PON Papua

2 Oktober 2021
0

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka gelaran PON Papua ke-20 yang sesuai jadwal berlangsung 2 sampai 15 Oktober mendatang.

Pembukaan PON Papua berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Sabtu (2/10) malam. Upacara pembukaan PON Papua turut disemarakkan dengan berbagai kegiatan.

Pembukaan PON Papua berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani.

Upacara pembukaan PON Papua dibuka dengan lagu ‘Sa Papua’ yang dibawakan oleh seniman asal Papua, Edo Kondologit, Nowela, dan Michael Jakarimilena. Nyanyian tersebut diiringi oleh para penari Tifa.

Upara pembukaan kemudian berlanjut dengan defile kontingen dari setiap provinsi yang ambil bagian di PON Papua. Selain atlet, terdapat pula wasit dan perwakilan dari 34 provinsi dalam defile tersebut.

Perwakilan kontingen Papua menutup parade atlet dalam upacara pembukaan PON Papua. Setelah itu disusul dengan parade bendera 34 provinsi.

Dalam pidatonya, Jokowi mengaku bangga karena PON untuk kali pertama bisa digelar di tanah Papua. Hal ini juga disebut Jokowi menunjukkan kemajuan Papua dalam hal infrastruktur dan kemampuan menyelenggarakan acara besar di kancah nasional dan internasional.

“Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama, kita bangga ada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke-20, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua,” ujar Jokowi dalam pidatonya.

“Pekan Olahraga ini menunjukkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” ia melanjutkan.

PON Papua akan mempertandingkan 56 cabang olahraga. Sebanyak 6.442 atlet akan berpartisipasi di pesta olahraga paling bergengsi se-Indonesia tersebut.

Editor: NUL