Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada, Jumat (1/10/2021) ratusan masyarakat Hinterland atau terluar di Batam, Kepulauan Riau mendapatkan hadiah vaksinasi dosis kedua yang dilakukan oleh BIN Daerah (Binda) Kepri.

Adapun sasaran dari vaksinasi lanjutan ini, menargetkan masyarakat dan pelajar yang berada di Pulau Terong dan Belakang Padang, Kecamatan Belakang Padang.

Kabagops Binda Kepri, Kolonel Chb. Komara Manurung menuturkan pelaksanaan vaksinasi terus dilakukan, sebagai bentuk komitmen untuk menggesa tercapainya herd immunity di wilayah perbatasan Kepri, khususnya di pulau – pulau terluar.

“Vaksinasi lanjutan dosis II ini diselenggarakan tepat pada 1 Oktober dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila,” ungkapnya, Jumat (1/10/2021) siang.

Sebelumnya, masyarakat telah mendapat vaksin dosis I pada 1 September 2021 dan pada vaksinasi lanjutan dosis II ini ditargetkan jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 664 orang.

Pelaksanaan vaksinasi lanjutan dosis II ini diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Batam melalui Puskesmas Belakang Padang.

“Hingga September 2021, Binda Kepri telah mendistribusikan total 26.002 dosis vaksin Sinovac, dengan jumlah pelajar dan masyarakat yang tervaksin sebanyak 13.382 orang untuk dosis I dan 12.620 orang untuk dosis II,” paparnya.

Sementara Kepala Puskesmas Belakang Padang, dr. Sri Fetra Netty mengatakan sebanyak 20 orang tenaga vaksinator dilibatkan dalam pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan BIN.

Selain itu, Puskesmas Belakang Padang juga menyediakan vaksin Moderna bagi masyarakat yang belum pernah mendapat vaksin.

“Vaksin dosis II yang diberikan kepada pelajar dan masyarakat menggunakan jenis vaksin Sinovac, tetapi Puskesmas Belakang Padang juga menyediakan vaksin Moderna bagi masyarakat yang belum pernah menerima vaksin dosis I,” terang Sri.

Editor: WIL