Mari merayakan Hari Kopi Sedunia dengan meneguk secangkir kopi. Setiap 1 Oktober, banyak gerai di seluruh dunia merayakannya dengan memberi promosi khusus di Hari Kopi Sedunia.
Namun terlepas dari perayaannya, konsumsi kopi disebut punya segudang manfaat bagi kesehatan. Tidak sedikit yang memulai hari dengan meminum segelas kopi di pagi hari.

Berkat tingginya tingkat antioksidan dan nutrisi bermanfaat, tampaknya juga cukup sehat. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah dari beberapa penyakit serius.

Berikut manfaat minum kopi yang harus diketahui para penikmatnya di Hari Kopi Sedunia.

1. Meningkatkan energi
Kopi membuat tubuh lebih benergi. Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang menyeduh kopi di pagi hari. Kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Setelah minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah. Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, sampai tingkat energi.

2. Menurunkan berat badan
Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Ini adalah salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan utama, saat ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Untuk beberapa alasan, peminum kopi secara signifikan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi mengamati bahwa orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini. Satu studi menunjukkan pengurangan setinggi 67%.

Menurut ulasan besar dari 18 studi di total 457.922 orang, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan 7% penurunan risiko diabetes tipe 2.

Mencegah penyakit otak sampai meningkatkan mood juga manfaat minum kopi. Cek selengkapnya di halaman selanjutnya.

4. Mencegah penyakit otak
Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Kondisi ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun, dan tidak ada obat yang diketahui.

Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini sejak awal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah.

5. Melindungi hati
Hati Anda adalah organ luar biasa yang menjalankan ratusan fungsi penting. Beberapa penyakit umum terutama mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan banyak lainnya.

Para penikmat kopi harus tahu, banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis. Menariknya, kopi dapat melindungi terhadap sirosis. Orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko hingga 80% lebih rendah.

6. Meningkatkan mood
Kafein mampu meningkatkan suasana hati atau mood. Suasana hati yang baik ini pada akhirnya akan membantu penurunan depresi. Bahkan riset menemukan kopi membantu mencegah risiko bunuh diri.

Dikutip dari The Healthy, studi pada 2013 oleh Harvard School of Public Health menemukan mereka yang minum 2-3 cangkir kopi berkafein sehari mengurangi risiko bunuh diri hingga 45%.

Hari Kopi Sedunia bisa dirayakan dengan meminum segelas kopi pagi ini. Tapi tetap perlu diingat, konsumsi dalam jumlah berlebihan juga berdampak pada kesehatan Anda.

 

editor : null
sumber : detik