Juventus mampu menumbangkan Chelsea di kandang 1-0. Federico Chiesa menjadi pahlawan kemenangan Si Nyonya Tua berkat gol yang dibuatnya.
Juventus menjamu Chelsea di Allianz Stadium pada laga matchday kedua Grup H Liga Champions 2021/2022, Kamis (30/9/2021) dini hari WIB. Tim tamu tampil dominan sepanjang 90 menit.

Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 73,1 persen dibanding Juventus yang hanya 26,9 persen . Chelsea juga lebih banyak melepas tembakan dengan 15 kali melepas percobaan. Juventus cuma lima kali membuat tembakan.

Namun, Juventus yang mampu mencuri gol di menit ke-46 lewat Federico Chiesa. Tuan rumah bisa mempertahankan keunggulan ini hingga laga tuntas.

Kemenangan ini membawa Juventus ke puncak klasemen Grup H dengan enam poin. Sementara, Chelsea di urutan kedua dengan tiga poin.

Jalannya pertandingan
Chelsea mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Mereka coba mengancam lewat sepakan dari luar kotak penalti Mateo Kovacic pada menit ke-3. Namun, sepakan Kovacic masih terlalu lemah hingga mudah ditangkap oleh Wojciech Szczesny.

Pada menit ke-6, Chelsea kembali punya peluang. Sepak pojok mendatar Marcos Alonso bisa disambar Romelu Lukaku. Menghadapi teror Chelsea ini, Szczesny kembali tenang mengamankan bola.

Chelsea masih dominan hingga 15 menit awal laga. Juventus tampak kesulitan mengembangkan permainan akibat highpress yang dilakukan pasukan Thomas Tuchel.

Juventus bisa mencuri kesempatan pada menit ke-20. Kesalahan Kovacic nyaris berakibat fatal untuk Chelsea.

Bola yang dikuasai Kovacic di daerah pertahanan Chelsea bisa direbut oleh Federico Chiesa. Chiesa langsung melaju ke kotak penalti karena Tim London Biru memainkan garis pertahanan tinggi. Usaha Chiesa gagal berbuah gol karena tembakannya masih melebar dari gawang Edouard Mendy.

Chelsea terus menggempur pertahanan Juventus, tapi tuan rumah tetap bisa menebar ancaman meski intensitas serangan mereka tak setinggi tim tamu. Adrien Rabiot berusaha lewat tembakan jarak jauhnya dari sisi kiri pada menit ke-31. Percobaannya ini masih melambung.

Bianconeri perlahan bisa lepas dari tekanan Chelsea menjelang akhir babak pertama. Namun, Juventus juga gagal mengkonversi bangunan serangan mereka menjadi gol.

Babak pertama berakhir imbang 0-0

Juventus langsung menggebrak selepas jeda. Umpan terobosan Federico Bernardeschi menemui Chiesa di kotak penalti.

Gol!! Sepakan keras Chiesa mampu menaklukkan Mendy. Juventus unggul 1-0 di menit ke-46.

Chelsea yang memburu gol penyama kedudukan kembali menguasai jalannya laga. Lini belakang Juventus tampil sangat baik meredam serangan Tim London Biru hingga pertengahan babak kedua.

Timnya buntu, Tuchel memasukan tiga pemain langsung yaitu Callum Hudson-Odoi, Trevoh Chalobah, dan Ruben Loftus-Cheek pada menit ke-62. Mereka menggantikan Hakim Ziyech, Cesar Azpilicueta dan Jorginho.

Satu menit setelah pergantian ini justru Juventus yang hampir menggandakan keunggulan. Umpan Juan Cuadrado gagal disambar dengan baik oleh Bernardeschi di depan gawang akibatnya bola masih melambung.

Chelsea mengurung lini pertahanan Juventus di sisa laga. Peluang terbaik untuk mereka hadir pada menit ke-82.

Mendapat sodoran bola dari Ross Barkley, Lukaku di posisi yang menguntungkan usai bisa merenggangkan pengawalan dari Leonardo Bonucci. Namun, sepakan penyerang asal Belgia ini malah melebar.

Usaha Chelsea menyamakan kedudukan tak membuahkan hasil hingga laga berakhir. Juventus menutup laga dengan kemenangan 1-0.

Susunan Pemain

Juventus: Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Alex Sandro; Juan Cuadrado, Rodrigo Bentancur (Giorgio Chiellini 88′), Manuel Locatelli, Adrien Rabiot (Weston McKennie 77′); Federico Chiesa (Moise Kean 77′), Federico Bernardeschi (Dejan Kulusevski 65′).

Chelsea: Edouard Mendy; Andreas Christensen (Ross Barkley 75′), Thiago Silva, Antonio Rudiger; Cesar Azpilicueta (Trevoh Chalobah 62′), Jorginho (Ruben Loftus-Cheek 63′), Mateo Kovacic, Marcos Alonso (Ben Chilwell 46′); Hakim Ziyech (Callum Hudson-Odoi 62′), Kai Havertz, Romelu Lukaku.

 

EDITOR : NULL
SUMBER : DETIK