Jumlah utang yang besar hingga pembahasan rancangan undang-undang (RUU) penangguhan utang yang besar membuat pemerintahan Amerika Serikat (AS) terancam tutup sementara atau shutdown.
Jika penutupan pemerintahan itu terjadi, diprediksi akan membuat ekonomi AS terganggu. Padahal, saat ini ekonomi negara adidaya tersebut sedang dalam masa pemulihan dari tekanan COVID-19.

Berikut fakta-fakta pemerintahan AS yang terancam tutup.

Kehabisan Uang Tunai
Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengungkapkan jika pemerintah AS akan kehabisan uang tunai pada 18 Oktober mendatang. Pasalnya pemerintah terus-terusan menggelontorkan uang hingga US$ 50 miliar per hari. Bahkan dalam satu tahun terakhir demi menekan dampak pandemi pemerintah AS mengucurkan lebih dari US$ 300 miliar.

Chief Executive JPMorgan Chase & Co Jamie Dimon mengungkapkan hal ini bisa menjadi bencana besar untuk ekonomi AS yang sedang pulih. Karena itu dibutuhkan langkah cepat demi menyelesaikan masalah tersebut.

Pimpinan Partai Demokrat di Senat AS Chuck Shumer mengungkapkan pihaknya akan mengambil langkah lanjutan untuk menghindari penutupan pemerintahan.

Potensi Gagal Bayar
Potensi gagal bayar utang AS membuat khawatir banyak pihak. Pasalnya jumlah utang AS saat ini sudah hampir Rp 400 triliun.

 

 

 

EDITOR : NULL
SUMBER : DETIK